Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    Kuliner Khas Kota Potianak Yang Enak - Enak

    infosadayana:Kuliner Khas Kota Potianak Yang Enak - Enak
    Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, memiliki kekayaan kuliner yang unik dan lezat. Berikut adalah beberapa makanan khas Pontianak yang banyak ditemui:

    1. Mie Kepiting Pontianak: Mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu kepiting yang kaya rasa. Biasanya disajikan dengan irisan daging kepiting dan tambahan daun bawang serta tomat.

    2. Nasi Kuning Pontianak: Nasi kuning yang dihidangkan dengan berbagai lauk seperti ayam goreng, telur, sambal, dan kerupuk. Biasanya disajikan dalam acara-acara tertentu atau sebagai sarapan.

    3. Soto Pontianak: Soto khas Pontianak memiliki kuah yang kaya rasa dengan rempah-rempah yang khas. Daging ayam atau daging sapi sering menjadi bahan utamanya, disajikan dengan tambahan tauge, daun seledri, dan bawang goreng.

    4. Lumpia Pontianak: Lumpia ini berbeda dengan lumpia dari daerah lain, karena memiliki isian yang unik dan bumbu yang khas. Isian biasanya terdiri dari rebung, daging ayam atau udang, dan telur yang diiris tipis-tipis.

    5. Pengkang: Pengkang merupakan makanan ringan khas Pontianak yang terbuat dari tepung beras yang difermentasi, kemudian digoreng. Rasanya gurih dan renyah, seringkali disajikan sebagai camilan.

    6. Bubur Pedas Pontianak: Bubur ini terbuat dari beras yang dimasak dengan kuah yang pedas dan gurih. Biasanya diisi dengan irisan daging ayam, telur puyuh, atau seafood.

    7. Kue Apam: Kue tradisional Pontianak yang terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula. Kue ini dimasak menggunakan cetakan khusus dan memiliki tekstur yang lembut.

    8. Nasi Uduk Pontianak: Nasi uduk Pontianak biasanya disajikan dengan ayam goreng, telur, tempe, tahu, sambal, dan bahan pelengkap lainnya. Rasanya gurih karena dimasak dengan santan.

    9. Kue Lekker: Kue ini adalah kue khas Tionghoa yang banyak dijual di Pontianak. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur, dan mentega, kemudian dipanggang hingga kecokelatan.

    10. Kue Engkak Ketan: Kue tradisional Pontianak yang terbuat dari ketan yang digoreng dan diberi taburan kelapa parut yang telah dicampur dengan garam.

    Ini hanya beberapa contoh kuliner khas Pontianak yang bisa Anda temui di sana. Kota ini memiliki banyak lagi variasi makanan lokal yang lezat dan unik yang patut dicoba ketika berkunjung.


    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top