Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    Infosadayana Makanan Khas Kota Surabaya Yang Tak Terlupakan

    Infosadayana Makanan Khas Kota Surabaya Yang Tak Terlupakan
    Surabaya, sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, memiliki beragam kuliner khas yang menggoda lidah. Berikut beberapa di antaranya:

    1. Rawon: Rawon adalah sup daging berwarna hitam pekat yang dibuat dari kluwek, rempah-rempah, dan daging sapi. Biasanya disajikan dengan nasi putih, irisan telur asin, dan bawang goreng.

    2. Lontong Balap: Makanan ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, irisan mentimun, dan lentho (bakso ikan) yang disiram dengan kuah kacang kental. Sering disajikan dengan sambal petis.

    3. Sate Klopo: Sate ini menggunakan kelapa parut sebagai bahan utama untuk melapisi potongan daging ayam atau kambing sebelum dipanggang. Rasanya gurih dan khas.

    4. Rujak Cingur: Terdiri dari irisan tahu, tempe, cingur (hidung sapi yang dimasak), sayuran segar, dan bumbu rujak yang khas. Sering disajikan dengan kuah petis dan kerupuk.

    5. Tahu Tek: Tahu Tek adalah tahu goreng yang disajikan dengan irisan mentimun, taoge, kentang rebus, lontong, dan telur rebus yang disiram dengan saus kacang kental.

    6. Tahu Campur: Serupa dengan Tahu Tek, Tahu Campur juga terdiri dari tahu goreng, tapi dengan tambahan mie, daging sapi suwir, dan kuah kental.

    7. Nasi Goreng Cakalang: Nasi goreng khas Surabaya ini menggunakan ikan cakalang (tongkol) sebagai bahan utama, dicampur dengan nasi goreng, telur, dan bumbu khas.

    8. Semanggi Surabaya: Salad khas Surabaya yang terdiri dari daun semanggi, tauge, irisan kentang rebus, dan dilengkapi dengan sambal kacang dan bawang goreng.

    9. Tahu Pong: Tahu goreng kecil yang biasanya disajikan dengan saus kacang dan potongan mentimun serta sambal.

    10. Es Pallu Butung: Minuman segar yang terbuat dari campuran santan, gula merah, es serut, dan potongan pisang. Rasanya manis dan menyegarkan.

    Itulah beberapa kuliner khas Surabaya yang patut dicoba jika Anda berkunjung ke kota ini.

    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top