Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    13 Makanan Kuliner Khas Kota Balikpapan

    infosadayana:13 Makanan Kuliner Khas Kota Balikpapan
    Berikut adalah beberapa makanan kuliner khas Balikpapan, sebuah kota di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia:

    1. Mie Balikpapan: Mie kuning yang digoreng kering dengan tambahan potongan daging ayam, udang, dan irisan bakso serta sayuran seperti sawi.

    2. Sate Balikpapan: Sate yang terbuat dari daging sapi atau daging ayam yang dipanggang dan disajikan dengan bumbu kacang khas Balikpapan.

    3. Nasi Goreng Balikpapan: Nasi goreng khas Balikpapan biasanya memiliki cita rasa yang unik karena menggunakan bumbu-bumbu lokal dan tambahan seafood seperti udang, cumi, dan kepiting.

    4. Pallu Basa: Sup daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas Balikpapan, biasanya disajikan dengan ketupat atau nasi.

    5. Pempek Balikpapan: Pempek adalah makanan asli Palembang, tapi di Balikpapan juga populer. Pempek ini terbuat dari ikan tenggiri yang digiling, dicampur tepung sagu, dan dimasak dengan cara direbus atau digoreng. Disajikan dengan kuah cuka yang khas.

    6. Kue Belut Balikpapan: Kue tradisional khas Balikpapan yang terbuat dari tepung beras, gula merah, dan kelapa parut yang dibentuk menyerupai belut, kemudian digoreng.

    7. Kue Jemblem: Kue khas Balikpapan yang terbuat dari tepung terigu, telur, dan gula pasir yang dicampur hingga menjadi adonan kental, kemudian digoreng hingga kecokelatan.

    8. Kerupuk Udang Balikpapan: Kerupuk udang yang berasal dari Balikpapan memiliki rasa yang gurih dan renyah, terbuat dari udang pilihan dan tepung terigu yang dicetak tipis dan kemudian digoreng.

    9. Kerang Hijau Bakar: Kerang hijau yang dibakar dan disajikan dengan bumbu khas Balikpapan, seperti bumbu kecap, bawang goreng, dan sambal.

    10. Es Pisang Ijo Balikpapan: Es khas Balikpapan yang terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung hijau, kemudian dikukus dan disajikan dengan siraman santan dan gula merah cair.

    11. Cakalang Fufu: Olahan ikan cakalang kering yang digoreng kering dan biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal.

    12. Kue Lemet Balikpapan: Kue tradisional Balikpapan yang terbuat dari campuran tepung ketan, gula merah, dan kelapa parut yang kemudian dibentuk bulat dan dikukus.

    13. Pisang Goreng Madu Balikpapan: Pisang goreng yang dibalut dengan adonan tepung dan gula madu, kemudian digoreng hingga kecokelatan.

    Ini hanya beberapa contoh makanan kuliner khas Balikpapan. Tentu saja, masih banyak lagi variasi dan jenis makanan khas lainnya yang dapat ditemui di kota ini.

    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top