Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    Makanan Paling Khas Kota Jogjakarta

    infosadayana:Makanan Paling Khas Kota Jogjakarta
    Jogja, atau Yogyakarta, adalah kota di Indonesia yang terkenal dengan budaya, sejarah, dan kuliner khasnya. Berikut adalah beberapa makanan khas Jogja yang terkenal:

    1. Gudeg: Makanan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah-rempah, sering disajikan dengan nasi, telur, ayam, tahu, dan sambal.

    2. Bakpia: Kue khas Yogyakarta yang terbuat dari tepung terigu dengan berbagai isian seperti kacang hijau, kacang tanah, keju, dan coklat.

    3. Soto: Soto adalah sup khas Indonesia yang juga populer di Yogyakarta. Biasanya terbuat dari kaldu ayam atau daging sapi dengan tambahan bumbu rempah seperti serai, jahe, dan daun bawang.

    4. Kipo: Makanan ringan khas Yogyakarta yang terbuat dari campuran kelapa parut, gula jawa, dan tepung terigu, lalu dibentuk bulat dan dipanggang.

    5. Wedang Uwuh: Minuman tradisional dari Yogyakarta yang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, jahe, dan serai. Biasanya disajikan panas.

    6. Bakmi Jawa: Mie goreng atau rebus dengan campuran bumbu khas Jawa seperti kecap manis, bawang goreng, dan daging ayam atau sapi.

    7. Kerak Telor: Makanan tradisional Yogyakarta yang terbuat dari campuran telur ayam, beras ketan, kelapa parut, ebi (udang kering), dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya disajikan dengan irisan serundeng.

    8. Nasi Grombyang: Nasi dengan lauk khas Yogyakarta yang terdiri dari berbagai macam lauk seperti ayam goreng, tempe, tahu, telur, dan sambal.

    9. Geplak: Makanan manis khas Yogyakarta yang terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan gula pasir, gula merah, dan pewarna makanan.

    10. Angkringan: Meskipun bukan makanan khas dalam arti tradisional, tetapi angkringan adalah bagian penting dari budaya kuliner Yogyakarta. Ini adalah warung kecil yang menyajikan berbagai makanan dan minuman ringan dengan harga yang terjangkau, seperti nasi kucing, sate, gorengan, dan wedang jahe.

    Makanan-makanan ini hanya sebagian kecil dari kekayaan kuliner yang dapat ditemukan di Yogyakarta. Kota ini menawarkan berbagai macam makanan yang memikat selera dari pagi hingga malam.

    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top