Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    10 Makanan Khas Bangka Belitung

    infosadayana:Makanan Khas Bangka Belitung

    Kuliner di Bangka Belitung menawarkan beragam hidangan yang unik dan lezat, seringkali dipengaruhi oleh budaya dan kekayaan alam setempat. Berikut beberapa makanan khas yang dapat Anda cicipi jika berkunjung ke Bangka Belitung:

    1. Mie Bangka: Mie ini terkenal dengan kuah kaldunya yang kaya rasa, disajikan dengan daging sapi, babi, atau seafood, serta beberapa potongan pangsit dan sayuran.

    2. Mie Belitung: Mirip dengan Mie Bangka, tetapi varian ini menggunakan bumbu kacang khas Belitung yang memberikan cita rasa unik.

    3. Lempah Kuning: Ini adalah hidangan ikan berkuah khas Bangka Belitung. Ikan segar dimasak dalam kuah kental yang dibumbui dengan kunyit, lengkuas, dan bumbu-bumbu lainnya.

    4. Gangan: Sup kental dengan bahan dasar ikan atau daging yang diberi bumbu rempah-rempah khas, disajikan dengan nasi hangat.

    5. Martabak Bangka: Martabak versi Bangka umumnya berisi campuran telur, daging cincang, dan bawang, dibungkus dalam kulit lumpia, kemudian digoreng garing.

    6. Kemplang: Camilan khas Bangka yang terbuat dari ikan tenggiri yang dihaluskan, dicampur dengan tepung dan bumbu-bumbu lain, kemudian dipipihkan dan dikeringkan. Kemplang bisa disajikan dalam berbagai varian rasa.

    7. Seruit: Seruit adalah hidangan berupa ikan atau udang yang diasinkan dan diaduk dengan santan serta bumbu-bumbu lainnya. Rasanya gurih dan segar.

    8. Nasi Lemak Bangka: Nasi lemak khas daerah ini disajikan dengan ikan, telur, sambal, dan acar.

    9. Kerupuk Kemplang: Kerupuk khas Bangka Belitung terbuat dari bahan dasar ikan, terutama ikan tenggiri yang diolah menjadi adonan yang kemudian digoreng hingga kering.

    10. Es Kacang Merah Belitung: Minuman segar yang terbuat dari es serut, kacang merah, dan gula merah cair, sangat cocok untuk dinikmati di cuaca panas.

    Selamat menikmati kuliner-kuliner lezat Bangka Belitung!


    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top