Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    Kuliner khas Banda Aceh yang Terkenal Enak

    Kali ini kami akan membagi informasi tempat wisata kuliner yang tentunya enak, murah dan favorit di Pulau Sumatera, tepatnya di Kota Banda Aceh. Dengan menawarkan kuliner khas yang banyak menggunakan bumbu dan rempah seperti masakan ala Timur Tengah. Selain kuliner khas, di Kota Banda Aceh juga terdapat restoran atau rumah makan yang menyediakan hidangan lain seperti bakso, burger, sate, sea food, sop, soto serta makasakan ala Jepang.

    Mari kita mulai info wisata kuliner khas Kota Banda Aceh selengkapnya :

    Ayam Tangkap khas Kota Banda Aceh
    Ayam Tangkap khas Kota Banda Aceh
    1. AYAM TANGKAP, adalah ayam yang digoreng dengan menggunakan bumbu rempah khas seperti jahe, lada, garam, bawang putih dan kemiri. Setelah digoreng, hidangan ini disajikan dengan bawang goreng dan beberapa genggam daun seperti daun pandan, salam koja dan daun kari yang menutupi masakan.

    Banyak rumah makan yang menyediakan menu ayam tangkap ini di Kota Banda Aceh namun yang paling terkenal dan direkomendasikan oleh banyak orang adalah Rumah Makan Aceh Rayeuk yang berada di Jl. Banda Aceh-Medan, Lueng Bata dan Rumah Makan Ayam Tangkap Cut Dek di Jl. Raya Banda Aceh. Namun jangan khawatir bagi anda pecinta kuliner jika tidak bisa pergi ke Kota Banda Aceh karena rumah makan sejenis juga banyak terdapat di kota besar lain di Indonesia seperti Medan dan Jakarta, itu dikarenakan kelezatan dari ayam tangkap ini.


    Mie Aceh
    Mie Aceh Goreng
    Mie Aceh
    Mie Aceh Kuah
    2. MIE ACEH, adalah salah satu makanan khas Kota Banda Aceh yang memang sudah sangat terkenal di Indonesia yang diolah menjadi mie goreng dan mie kuah dengan menggunakan mie kuning tebal, sup kari yang pedas dan irisan daging sesuai pilihan serta disajikan bersama acar dan emping serta taburan bawang goreng. 



    Sedangkan rumah makan yang terkenal menyediakan hidangan lezat ini adalah Mie Razali yang bertempat di Panglima Polem, No. 83-85, Banda Aceh, Warung Mie Bireuen berada di Simpang Tujuh, Ulee Kareng dan Warung Mie Lala yang ada di Jalan Syiah Kuala, Kampung Kramat.


    Gulai Daging Kaming dan Pliek U
    Pliek U khas Kota Banda Aceh

    3. GULAI DAGING KAMBING dan PLIEK U, adalah gulai sayuran segar yang berisikan nangka muda, daun pepaya, daun melinjo, terong, kacang panjang dan lainnya. Bahan dasar dari gulai pliek U yang merupakan kuliner tradisional dari Aceh Besar ini adalah buah kelapa yang dijemur sampai berwarna coklat.

    Dan rumah makan yang menyediakan menu gulai ini yang terkenal di Banda Aceh adalah Rumah Makan Hasan, RM Aceh Spesifik, dan RM Nasi Kambing.

    Bagi anda yang menyukai makanan seafood, restoran yang layak anda kunjungi adalah Imperial Kitchen terdapat di Jl. Teuku Umar No. 21, Restoran Ujung Batee di Jl. Raya Krueng Raya Km 20,pinggir pantai Ujung Batee, Kantin Kodam Samudra Seafood bertempat di Jl. Pangeran Diponegoro. KOPMIL-Blang Padang, serta Kojex 88 di Jl. Kartini, Peunayong dan lainnya.

    Sedangkan tempat untuk makan bakso, anda dapat mengunjungi Bakso Isaura berada di Jl. H T Daudsyah No 1, Bakso Kojek bertempat di Jl. Kartini, Peunayong, Bakso Idaman BARATA yang ada di Jl. Masjid Baiturahman, Bakso Asean di Jl. Pocut Baren, Bakso Hendra Hendri  bertempat di Jalan Mohd Jam, Bakso Ramayana di Jl. T. Iskandar, Bakso Idola (Peuniti) dan lainnya. Untuk makanan yang mengandung daging babi, banyak terdapat rumah makan khas China di di daerah sekitar Peunayung (pecinan). Demikian info wisata kuliner yang dapat kami bagi untuk anda, semoga bermanfaat.

    1 comment:

    1. wah, meskipun nama nya asing buat saya tapi tetap sepertinya ini menarik untuk di coba hehe semoga lain waktu bisa bekunjung dan mencicipi makanannya...


      klik di sini untuk info lebih lanjut nya kaka,,,

      ReplyDelete

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top