Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    14 Tempat Wisata Alam Kupang Wajib Dikunjungi

    14 Tempat Wisata Alam Kupang Wajib DikunjungiWisata di Propinsi Nusa Tenggara Timur ini benar benar akan memanjakan anda dan membuat anda terpesona. Beberapa objek wisata yang akan tersaji termasuk air terjun yang jernih dan pantai pantai pasir putihnya yang eksotis, yang kesemuanya adalah maha karya Sang Pencipta.

    Tempat Wisata Kupang lebih dikenal karena keindahan gugusan pulau pulaunya yang berada di lautan lepas dan keindahan bawah lautnya yang menjadi incaran wisatawan asing. Namun, terlepas dari wisata lautnya, di daratan sendiri Kupang menyimpan keindahan yang tiada bandingnya. Keindahan Kelimutu, Gua Kristal dan air terjunnya sangatlah menawan. Belum lagi pantai pantai yang mengelilingi pulau ini.

     14 Tempat Wisata Alam Kupang Wajib Dikunjungi
    Kupang, ibukota provinsi NTT memiliki penampakan alam yang luar biasa. Kupang memiliki banyak pantai yang indah dengan pasir putih dan air lautnya yang biru sehingga membuat siapapun merasa kagum melihatnya. Untuk membantu traveller yang ingin berkunjung ke Kupang, berikut ini adalah 14 objek wisata menawan yang ada di Kupang.


    1. Pantai Lasiana

    14 Tempat Wisata Alam Kupang Wajib Dikunjungi
    Pantai Lasiana merupakan pantai unggulan yang ada di Kupang. Pantai dengan pasir putih dan serangkain karang  di tepi pantai serta disekelilingnya terdapat pohon kelapa, serasa berada di Brazil ini Brazilnya Indonesia :). Tapi jangan heran jika tempatnya tidak terlalu di kelola dengan baik. Ironis memang tempat seindah Lasiana tidak dikelola dengan baik. Cukup bayar Rp 1000 untuk tiket masuk ke pantai Lasiana maka kita bisa merasakan keeksotisnya sunsetnya yang berwarna orange tenggelam di lautan.

    2. Pantai Pasir Panjang

    14 Tempat Wisata Alam Kupang Wajib Dikunjungi
    Pantai Pasir Panjang merupakan pantai yang berada di kota Kupang dan tidak perlu biaya untuk masuk. Keunikan dan keeksotisan dari pantai Pasir panjang terletak di warna airnya yang biru cerah dan sedikit warna hijau yang disekelilingnya karang besar. Dinamakan pantai pasir panjang karena pasirnya yang luas dan panjang disekitar sisi pantai. Sayangnya tidak ada tempat untuk membuat tikar, jika ingin duduk maka pilihan satu-satunya duduk diatas pasir pantai.

    3. Pantai Timor

    Pantai Timor berlokasi tak jauh dari Kampung Solor Kupang dan cukup membayar Rp 1000 maka kita bisa menikmati keesksotisan lumut yang tumbuh di batu karang tersusun acak menambah kemisteriusan Pantai Timor. Tak kalah indah sunset di Pantai Timor. Di Pantai Timor terdapat warung dan tempat duduk jadi tidak usah khawatir karena menikmati keindahan pantai dengan nyaman.

    3. Pantai Tablolong

    Pantai Tablolong terletak agak jauh dari Kota Kupang ditempuh sekitar 2 jam dengan motor dari daerah Tenau, Kupang. Keunikan dan Eksotisme pariwisata pantai Tablolong terletak di warna pasir yang kemerah jambuan dengan dua warna air laut, biru dan hijau. Cukup membayar tiket masuk ke  Pantai Tablolong seharga Rp5000 dan kita menikmati suasa pantai yang dengan pohon yang mirip bonsai tumbuh di atas karang, ajaib bukan? aku sangat heran kok bisa yah pohon tumbuh di atas karang? Itulah keeksotisan Pantai Tablolong Kupang.

    4. Pantai Neam

    Pantai Neam lebih cocol dibilang dengan pantai tanpa nama, karena menemukan pantai yang satu ini cukup menguras jejak petualangan kita :D… Karena untuk menempuh pantai Neam membutuhkan perjuangan Traveller dan Bolang sejati. Kita harus melewati pedesaan yang pintunya dituutp, jalan yang berliku-liku dan waktu sekitar 3 jam dari Kupang serta melewati hutan belantara. Menjelajah pantai Neam meningkatkan adrenalin berpetualang kita.  Perjuangan ke Pantai Neam sangatlah worth it karena kita bisa melihat sebuah gua misterius, pulau dikelilingi Pepohonan yang mirip dengan Pulau Phi-Phi di Thailand serta pasirnya yang seperti Pasir Sahara namun vesi Pantai. Keeskotisan dan keunikan Pantai Neam Kupang terletak pada ombaknya ynag besar serta sunset yang menutupi gunung karang.

    5. Pulau Kera

    14 Tempat Wisata Alam Kupang Wajib DikunjungiPulau Kera merupakan Pulau yang berada yang berada di tengah Lautan luas yang bisa kita lihat dari tepi sepanjang pantai Kupang. Pulau Kera juga sangat menarik dan unik dan bisa meningkatkan gairah petualangan menjelajah karena untuk sampai di Pulau Kera harus memakai perahu Nelayan yang bisa disewa dan membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai dengan perahu kecil nelayan. Diseberangi dengan perahu kecil yang bergerak yang membuat kita khawatir akan tenggelam khususnya aku yang tidak bisa berenang heheh :D.. Di Pulau Kera terdapat pasir putih seputih salju dengan campuran merah karang dengan warna laut yang biru, hijuan dan keungu-unguan. Penduduk sekitar memiliki rumah seadanya dengan atap seadanya, hidup dengan standar hidup yang sederhana.  Saran jika ingin mengunjungi Pulau Kera sebaiknya bawalah makanan yang banyak dan berbagilah denganwarga sekitar yang ramah.

    6. Pulau Semau

    Pulau Semau yang tak jauh dengan Pulau Kera juga memiliki keeksotisan tersendiri dan keunikan yang membuat backpacker rela-real menaungi lautan yang luas hanya untuk sekedar melihat pantai putih atau sekedar merasakan suasa Pulau Semau yang mistis. Di Pulau Semau terdapat sebuah mata air yang berbentuk kolam yang airnya segar dan disekelilingnya pepohonan dan tidak perlu khawatir karena di tidak perlu membayar biaya untuk mandi di kloma mata air.

    6. Kolbano

    Kolbano merupakan nama Pantai dipenihi bebatuan dan uniknya tidak ditemukan pasir. Disepanjang tepi pantai dipenuhi oleh bebatuan berwarna-warni. Untuk sampai di Kolbano membutuhkan waktu 4 jam dari Kupang melalui Kabupaten Timor Selatan. Terdapat gunung dengan batuan besar yang eksotis. Dan ketika memanjat ke Gunung ini akan terlihat jelas keindahan pesisir pantai Kolbano.

    6. Air Terjun Oenesu

    Ternyata Kupang tidak hanya melulu pantai loh, Air Terjun juga ada yang berjarak hanya 17 km dari kota Kupang. Keunikan air terjun Oenesu pada batuan yang mirip singa dan mulut gorilla, eksotis bukan?. Daerahnya sejuk dan dipenuhi pepohonan. Untuk memasuki air terjun oenesu cukup membayar tiket masuk seharga Rp5000.,

    7. Air Terjun Oehala

    14 Tempat Wisata Alam Kupang Wajib DikunjungiAir Terjun Oehala yang berada di 13 km dari Soe. Jarak Soe-Kupang sekitar 2-3 jam. Air Terjun Oehala memiliki keunikan dari bentuknya yang mirip kasur tempat tidur dan dipenuhi dengan pepohonan. Air Terjun Oehala sangat sejuk dan disekitranya terdapat gajebo dan kita harus melewati tangga. Kesegaran air dan hijanya pemandangan sekitar membuat kita serasa refresh!

    8. Gua Kristal

    Gua Krital sangat menakjubkan karena siapa akan sangka ada sebuah gua yang berisi air yang warnanya sebening kristal sehingga kita bisa melihat dasar gua! Gua kristal memiliki air yang tidak asin padahal gua kristal menyatu dengan laut. Untuk sampai ke Gua kristal melalui Bolok dan melewati jalanan karang dan pintu masuk ke Gua Cristal terdiri dari batuan yang pecah dan menyatu membentuk pintu kecil seukuran badan manusia. Airnya dingin dan disekelilingnya batu besar yang berwarna cokelat. Waktu yang eksotis untuk dikunjungi ilah saat siang hari karena matahari langsung menyinari air dan membuatnya berkilauan.

    9. Kolam Renang Baumata

    Kolam Renang Baumata adalah sebuah desa yang terletak 16 Km dari Kota Kupang atau 6 Km Arah Timur dari Bandara El Tari kupang, tepatnya di Kecamatan Kupang Tengah yang merupakan salah satu tempat rekreasi/objek wisata yang cukup dikenal dan ramai dikunjungi orang.

    Sebagai tempat rekreasi, selain terdapat Hutan Alam yang merupakan obyek wisata alam (Eco Tourist), Baumata terkenal juga dengan sumber mata air alamiah yang bersih dan segar. Saat ini Perusahaan air Aquamor yang telah mengekspor air mineralnya keberbagai daerah di NTT mengambil air dari sumber air Baumata. Demikian Juga dengan PDAM Kupang yang merupakan sumber air utama bagi Kota Kupang mendapatkan suplay air dari Sumber Air Baumata.

    Daya tarik yang menonjol yang dimiliki obyek wisata alam Baumata adalah Kolam Renangnya baik bagi orang dewasa dan anak-anak peninggalan sejarahnya/situs yaitu gua alam yang cukup menarik dengan stalaktit dan stalakmit, berjarak ± 250 meter dari kolam renang. Masyarakat menyebutnya “Gua Jepang” yang merupakan bekas peninggalan Tentara Jepang sebagai tempat persembunyian selama perang dunia ke II

    Selain menikmati pemandangan alamnya dengan udara yang sejuk, didekat kolam renang itu juga terdapat kolam alam yang dihiasi dengan bunga teratai sebagai tempat perlindungan beberapa habitat air tawar seperti jenis-jenis ikan dan udang. Juga saat ini oleh pihak pengelola, kolam tersebut telah dibudidayakan beberapa jenis ikan yang potensial untuk dikonsumsi antara lain : Ikan Bandeng, Tawes dan Ikan Mas

    10. Kolam Renang Oenaek

    Kolam Renang OEnaek,di daerah sekitarnya terdapat hutan wisata, penangkaran rusa dan gua alam Camplong,objek wisata berada di Kecamatan Fatuleu. Berjarak 46 km dari ibu kota kabupaten. Dapat dijangkau dengan transportasi umum dan kendaraan pribadi. Obyek wisata ini dengan spesifikasi daya tariknya adalah memiliki tempat yang asli dan kolam renang yang asli, tempat rekreasi dan pasar tradisional

    Hutan wisata digunakan untuk kegiatan kemping, menelusuri hutan yang terdapat beberapa jenis pohon yang berumur ratusan tahun dan jenis burung/satwa liar serta penangkaran rusa Timor dan satwa liar yang dilindungi. Disekitar kolam renang terdapat gua yang dikelilingi dengan pohon-pohon besar yang berumur ratusan tahun, jumlah arus kunjungan

    11. Wisata Danau Nefona

    Danau Nefona,danau nefona mempunyai luas sekitar 7 Ha,dan danau ini terletak di desa Silu Kecamatan Fatuleu kabupaten kupang nusa tenggara timur.danu nefona Berjarak 80 Km dari ibu kota Kabupaten,dan dapat dicapai dengan transportasi umum dan kendaraan pribadi. Danau ini dengan spesifikasi daya tarik adalah panorama alam,nusa tenggara timur terkenal dengan wisata yang masih asri

    12. Danau Tuadale

    Danau Tuadale mempunyai luas sekitar 10 ha.Danau Tuadale terletak di Silu Kecamatan Kupang barat berjarak ± 25 km dari ibu kota kabupaten.

    Spesifikasi dan daya tarik adalah rekreasi, mancing dan hutan bakau. Memiliki panorama yang asli dan indah, Turis sering menikmati keindahan hutan bakau dengan berlayar memakai perahu kecil dan membeli ikan segar dari penduduk setempat. Dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi

    13. Wisata Hutan Camplong

    14 Tempat Wisata Alam Kupang Wajib Dikunjungiwisata Hutan Camplong ini terletak di pinggiran jalan menuju Kota Soe, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang, atau 46 kilometer dari kota Kupang, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur.

    Hutan Camplong merupakan hutan wisata dengan pemandian alamnya yang indah dan sejuk, karena terletak di kaki Gunung Fatuleu. Hutan wisata ini banyak didiami jenis satwa yang dilindungi. Di Hutan Camplong juga banyak terdapat sumber daya alam, seperti sumber mata air, kolam renang alami, aneka jenis flora seperti kayu merah, pinus, lontar, eucalyptus, dan beragam jenis fauna seperti kera, ayam hutan, tupai, kuskus, dan burung (nuri, kakaktua, merpati, puyuh, bangau, elang, tekukur, beo).
    Di setiap akhir pekan, yakni Jumat hingga hari Minggu, hutan wisata ini banyak dikunjungi oleh warga kota Kupang. Mayoritas pengunjung adalah keluarga yang mengajak anak-anak mereka yang berusia dikisaran 7-12 tahun.

    Kawasan hutan Camplong memiliki penangkaran buaya, rusa timor dan ular sanca. Di kawasan ini juga dapat ditemui berbagai hewan endemik, seperti rusa timor, burung kakak tua berbahu hijau kekuningan (Olive-shouldered Parrot) dan merpati berpunggung hitam (Black-backed Fruit-Doves). Sedangkan flora endemik yang dapat ditemukan adalah kayu cendana (Santalun Album). Selain itu terdapat pula berbagai goa buatan, peninggalan Jepang semasa perang dunia kedua. Gua ini mengandung nilai sejarah karena menjadi tempat persembunyian pasukan Jepang ketika diserbu oleh warga yang tinggal di sekitar Hutan Camplong.

    14. Kolam Renang Tesbatan

    Air Terjun Tesbatan berada di Kecamatan Amarasi. Berjarak kurang lebih 54 km dari kota Kabupaten dapat dijangkau dengan tarnsportasi umum dan pribadi. Air Terjun Tesbatan dengan spesifikasi daya tariknya yang mempunyai 5 tingkat yang lokasinya diantara Desa Tesbatan yang berfungsi melindungi hutan-hutan di Desa Tesbatan. Memiliki panorama yang asli dan indah serta berhawa dingin. Disamping itu juga tempat untuk rekreasi mandi dan kemping, tempat itu banyak menghasilkan sayur-sayuran untuk kebutuhan Kota Kupang,



     
     


    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top