Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    Liburan Ke Wisata Alam Kota Batam

    Liburan Ke Wisata Alam Kota Batam
    Batam merupakan kota terbesar yang berada di Kepulauan Riau. Kota ini juga merupakan kota dengan populasi terbesar ketiga di wilatah Sumatera, setelah Medan dan Palembang. Menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, pada April 2012 jumlah penduduk Batam mencapai 1.153.860 jiwa.

    Kota metropolitan di Batam terdiri atas tiga pulau, yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Ketiga pulau metriplotian tersebut dihubungkan oelh jembatan yang bernama Jembatan Barelang.

    Walaupun kota Batam disebut sebagai kota industry, kota Batam tidak kalah dengan daerah lainnya dengan mempunyai tempat wisata alam yang sangat menarik. Setiap anda datang ke Batam, jangan sampai anda meninggalkan kesempatan anda ini untuk menikmati wisata yang ada di Kota Batam.

    Kota Batam terletak di perlintasan internasional, sehingga banyak wisatawan dari luar negri mengunjungi kota tersebut. Tidak hanya wisatawan domestic yang mengetahui tentang wisata batam tetapi banyak juga wisatawan asing yang mengetahuinya, sehingga mereka datang untuk melihat kekayaan alam yang dimiliki di kota tersebut.

    Kota Batam saat ini memang sudah menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Apalagi saat ini wilayah Batam sudah mulai berkembang menjadi kawasan industri, jadi tak heran jika Batam sudah mulai penuh dengan orang-orang dari luar Batam untuk hidup dan menetap di Batam. Selain terkenal sebagai kota industri, Kota Batam juga terkenal dengan obyek wisatanya yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata yang menarik di Batam ini adalah wisata bahari atau wisata pantainya. Beberapa obyek wisata pantai di Batam menampilkan suasana alam yang mempesona. Bagi anda yang berniat menenangkan pikiran, tidak ada salahnya untuk mengunjungi obyek wisata pantai yang ada di Batam.

    Wisata Pantai Batam sudah dikenal hingga ke mancanegara. Pantai putih dan bersih serta memiliki pemandangan laut yang indah. Wisata kulinernya yang bernuansa sea food membuat para pengunjung selalu ingin kembali lagi.

    Batam merupakan sebuah kota yang letaknya sangat strategis. Selain berada dijalur pelayaran internasional, kota ini juga memiliki jaak yang cukup dekat dengan Singapura dan Malaysia.
    Karena  berada di daerah perlintasan internasional, wajar bila Batam ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Keindahan alamnya yang juga diramaikan oleh sejumlah pulau kecil ini merupakan satu alasan lain mengapa pantai-pantai Batam patut untuk dikunjungi.


    Sebagai kawasan indah yang memiliki tiga pulau besar dan sejumlah tiga ratus empat puluh lima pulau-pulau kecil, pantai-pantai di Batam memiliki pesona tersendiri. Berikut beberapa nama-nama pantai di batam yang bisa anda kunjungi,


    1 . Bukit Senyum Batam

    Di Bukit Senyum, Anda dapat melihat pemandangan kota Singapura dengan berbagai lampu berkilauandi waktu malam. Dari puncak bukit ini , Anda juga bisa melihat pemandangan bangunan yang berlokasi di Singapura dan kapal yang lewat Singapura .

    Saat malam menjelang , pemandangan di bukit senyum ini akan jauh lebih indah dan spektakuler , pemandangan lampu-lampu gedung di Singapura dan juga kerlap-kerlip kapal di laut yang menyajikan pemandangan yang indah . Pemandangan eksotis yang dimiliki Bukit Senyum di malam hari bisa Anda nikmati sambil bersantai di rerumputan atau Anda juga bisa duduk di bangku-bangku yang telah disediakan oleh pedagang lokal disana.

    2 . Megawisata Ocarina Batam

    Megawisata Ocarina Batam adalah tempat wisata pantai yang terletak di dalam kota Batam , Kepulauan Riau . Atraksi ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan Januari 2009 . Ocarina berdiri di atas lahan seluas 40 hektar dan terletak di tepi sebuah pantai , serta kompleks perumahan mewah Costarina.

    3 . Marina Batam

    Pantai Marina terletak di Waterfront City Batam dan terletak di bagian barat dari pulau Batam . Lokasi ini bisa ditempuh dalam waktu  hanya 10 menit  dari daerah Batuaji , dan memakan waktu sekitar 30 menit  dari Batam Center . Marina Beach juga dilengkapi dengan taman hijau dan tempat bagi anak-anak untuk bermain , sehingga lebih indah .

    Lokasi wisata ini sangat ideal untuk digunakan untuk area keluarga dan wisata juga untuk foto pra-wedding . Pantai ini menghadap ke Selat Singapura memang sangat indah , jika cuaca jelas Anda dapat melihat bangunan pencakar langit yang terletak di Marina Bay Singapura. Anda juga dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah ketika datang ke sini di sore hari sebelum matahari akan terbenam . Warna merah langit dikombinasikan dengan kilauan bercahaya emas sinar matahari kuning terpantul di air laut jernih .

    4 . Barelang Jembatan ( Ikon dari Batam )

    Barelang adalah singkatan yang diambil dari tiga tempat , yaitu Batam , Rempang , Galang dan kemudian digunakan sebagai nama jembatan panjang yang menghubungkan pulau Batam dengan pulau-pulau lainnya seperti Pulau Nipah , Pulau Tonton , Pulau Rempang , Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.
    Masyarakat sekitar  sering menyebut dengan nama " Barelang jembatan" , tetapi ada juga beberapa orang yang menyebutnya " Jembatan Habibie " , karena ia adalah orang yang telah memulai pengembangan jembatan panjang untuk memfasilitasi tiga pulau yang sengaja dirancang untuk dikembangkan dan digunakan sebagai kawasan industri yang berada di Kepulauan Riau .

    5 . Pantai Melur  Pulau Galang

    Di kawasan wisata pantai dimana Anda dapat melakukan begitu banyak kegiatan , seperti berenang dan bermain-main dengan air laut dapat diselingi dengan mencari ikan kecil dan hewan laut lainnya merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang sedang berlibur di pantai . Selain sebagai tempat untuk berwisata , pantai Melur juga dapat digunakan untuk berbagai jenis kegiatan olahraga seperti  voli pantai , sepak bola pantai dan sebagainya .

    6 . Ex kamp pengungsi Vietnam di Pulau Galang

    Bekas kamp adalah tempat perlindungan para pengungsi dari Vietnam pada 1979 - 1996 juga sering dikenal sebagai Manusia Perahu . Kamp ini terletak di Pulau Galang di pulau selatan Batam , yang luasnya kurang lebih 7 km . Dalam kurun waktu 7 tahun , lembaga UNHCR , badan pengungsi PBB mengumpulkan para pengungsi Vietnam , yang tersebar di beberapa bagian pulau seperti : pulau Natuna , pulau Anambas , Terempa dan sekitarnya berkumpul  menjadi satu di Pulau Galang .


    7 . Pantai Nongsa Batam

    Nongsa adalah nama sebuah distrik yang terletak di kota Batam , Kepulauan Riau , Indonesia . Wilayah ini merupakan daerah yang terkenal dengan wisata pantai yang begitu indah . Beberapa wisata alam pantai Batam yang terkenal antara lain sebagai pantai Nongsa , Pantai Bemban, Pantai Maimoon dan Pantai Sekilak. Di Kecamatan Nongsa ada juga sejumlah resort dan lapangan golf yang memiliki standar internasional dan menjadi salah satu tujuan wisata turis domestik maupun asing.


    8. Pantai Ujung Galang

    Letak pantai ini di Pulau Galang Baru yang jaraknya 100 km dari Batam. Di pantai ini anda bisa menenangkan diri di sini karena tempatnya tenang dan damai serta letaknya jauh dari jangkauan kota Batam. Pantai ini sangat bersih dan juga terdapat fasilitas yang sangat memadai, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya.


    9. Pantai Tanjung Bemban

    Pantai ini tergolong masih baru karena fasilitas yang tersedia masih baru semua dan baru saja dibuka untuk umum.Pantai ini terletak di sebelah pemukiman penduduk yang terletak di Kampung Batu Besar.Ketika anda berkunjung di pantai ini anda bisa menikmati pemandangan yang sangat indah serta melihat lansung ke laut lepas.


    10. Jembatan Barelang

    Jembatan barelang ini merupakn ikon dari kota Batam. Kepanjangan dari barelang adalah BAtam, REmpang dan gaLang. Jembatan ini merupakan jembatan yang menghubungkan antara pulau yang berada di Batam, seperti Pulau Nipah Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Rempang, Pulau Galang Baru serta Pulau Galang. Ada juga yang menyebut jembatan ini sebagai Jembata Habibie, disebut seperti itu karena beliau yang telah memprakarsai dalam pembangunan jembatan ini.

    Selain ketiga tempat wisata yang ada di kota Batam. Masih banyak lagi tempat-tempat yang bisa anda kunjungi saat anda datang ke sana. Selain tempat wisata batam, ada juga tempat untuk berbelanja, seperti pasar seken aviary, pasar seken tanjung sengkuang, pasar pagi jodoh, dan sebagainya.

    11. Pantai Sembulang Batam

    Berbeda dengan Pantai Nongsa, di Pantai Sembulang ini anda bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit yang begitu indah. Sehingga jika anda berniat datang ke pantai ini, pagi hari adalah waktu yang cocok untuk anda menyaksikan matahari terbit. Pantai Sembulang ini berada di Pulau Rempang, Kecamatan Galang. Pantai Sembulang ini tidak begitu ramai jika dibandingkan dengan Pantai Nongsa. Tapi nuansa alam di Pantai Sembulang juga tak kalah dengan Pantai Nongsa.

    Untuk mencapai Pantai Sembulang, anda harus melakukan perjalanan sejauh kurang lebih 75 km dari pusat Kota Batam. Daerah Pulau Rempang ini memang tak seramai pusat kota Batam, sehingga jangan heran jika sepanjang perjalanan menuju Pantai Sembulang ini anda akan disuguhi suasana tenang. Walau begitu, keindahan alam di sisi kira dan kanan jalan akan menambah tenang pikiran anda.

    12. Pantai Telunjuk Batam

    Obyek wisata pantai di Batam yang terakhir yang wajib anda kunjungi saat anda berlibur di Batam adalah Pantai Telunjuk. Pantai ini terletak di Pulau Telunjuk, kurang lebih 45 menit perjalanan dari Desa Rempang Cate Jembatan Empat Barelang. Pantai ini memang suasananya terlihat bersih dan masih asri. Pantai Telunjuk juga berhadapan langsung dengan Pulau Subangmas.

    Penduduk setempat menamai Pantai Telunjuk ini dengan Pantai Pasir Bergerak. Hal ini dikarenakan memang pasir di pantai ini terlihat seperti bergerak, kadang terlihat menyempit, kadang terlihat memanjang ke arah laut. Pergerakan ini disebabkan karena pengaruh pasang surut air laut. Namun pasang surutnya air laut ini tidak bisa dipastikan, sehingga tidak dianjurkan bagi pengunjung untuk berlama-lama duduk atau berada dekat dengan air laut, hal ini sangat dilarang.

    13. Pantai Tanjung Bemban

    Tempat ini merupakan salah satu daerah wisata pantai di Batam yang baru dibuka pemerintah Batam. Dilengkapi dengan infrastruktur dan fasilitas umum yang komplit dan masih baru semuanya.

    Pantai Tanjung Bemban ini terletak bersebelahan dengan pemukiman penduduk di kampung Batu Besar. Di sini anda bisa duduk bersantai menikmati pemandangan ke laut lepas. Memandangi  beraneka jenis kapal ferry dan tanker melintas dari pelabuhan Batam menuju ke Johor seraya menyeruput kelapa muda.

    Pantai yang berlokasi ini di wilayah Nongsa ini menjadi salah satu dari tiga pantai yang mempromosikan wilayah Batam di Visit Batam 2010. Keindahan alam pantai di Batam ini membuat siapa saja akan tertarik berkunjung ke pantai tersebut.

    Dengan fasilitas umum yang tersedia, Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan makanan, minuman, atau hal lainnya. Hal tersebut sudah tersedia di pinggir pantai Tanjung Bemban ini yang mendukung kunjungan Anda ke kota Batam tersebut.

    14. Pantai Sekilak

    Pantai Sekilak yang indah ini tak hanya bagus untuk sekedar dikunjungi saja tapi juga merupakan tempat yang cocok untuk melakukan sejumlah olahraga air, seperti selancar, sepeda air, kayak, dan sebagainya.

    Dengan membayar tiket masuk seharga enam ribu rupiah, anda  sudah bisa memasuki kawasan wisata Pantai Batam ini. Di sini juga tersedia banyak kedai sea food dan aneka makanan lainnya. Anda juga bisa menikmati fasilitas olahraga air di sini, juga toilet dan kamar mandi gratis.

    Fasilitas-fasilitas yang ada ini mendukung para pengunjung untuk betah berlama-lama di pantai yang satu ini. Kondisi pantai yang memiliki pasir putih ini membuat banyak pengunjung baik pengunjung lokal maupun dari luar mengunjungi salah satu pantai di Batam ini.

    Para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Sekilak ini juga bisa menginap di salah satu resort yang ada di sana. Resort ini berada tidak jauh dengan Pantai Sekilak ini. Dengan begitu, pengunjung yang menginap di resort tersebut bisa menikmati kenahan Pantai Sekilak secara langsung.

    15. Pantai Panau

    Pantai ini juga menyediakan agenda wisata bahari seperti lomba perahu layar, jet ski, dan parasailing. Pantai ini bisa ditempuh selama kurang lebih 45 sampai 60 menit dari Nagoya. Di sini juga terdapat desa wisata yang menarik dengan budaya kampung melayu tradisional.

    Objek wisata ini memiliki daya tarik pada wisata ekindahan laut dan kampung tradisional melayunya. Pantai yang terletak disebuah kampung ini memang dijadikan sebagai desa wisata dengan karakteristik pantai yang lebih ditonjolkan. Lebar pantai saat air pasang sekitar 20 hingga 40 meter, dan pada air laut sedang surut, lebar pantai berkisar 10 hingga 20 meter.

    Pantai Panau di Batam ini relatif landai dan berpasir putih. Potensi objek wisata ini berlokasi di antara pelabuhan telaga Pungkur dan Kabil Industri Estate (Asia Port) yang dapat dicapai dari Nagoya dalam waktu 45 hingga 60 menit, dari Pelabuhan Nongsa Pura sekitar 20 hingga 30 menit, Bandara Hang Nadim sekitar 10 hingga 20 menit.

    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top