Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    Apa Saja Tempat Wisata Kota Banjarmasin

    Apa Saja Tempat Wisata Kota BanjarmasinKota Banjarmasin merupakan ibukota dari provinsi Kalimantan Selatan. Banjarmasin merupakan pusat pemerintahan provinsi Kalimantan Selatan yang memiliki posisi sangat strategis secara geografis sehingga kota ini menjadi pintu gerbang dan pusat kegiatan ekonomi nasional. Kota Banjarmasin dijuluki dengan sebutan kota seribu sungai karena Banjarmasin mempunyai sedikitnya 25 pulau kecil yang merupakan bagian-bagian kota yang dipisahkan oleh sungai. Sehingga tidak heran jika berbagai tempat wisata Banjarmasin cukup banyak yang berhubungan dengan sungai, seperti Jembatan Barito dan Pasar Terapung.

    Objek Wisata Alam di Kalimantan Selatan yang wajib dikunjungi adalah:

    1. Air Terjun Haratai

    Merupakan salah satu objek wisata di Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Indonesia. Loksado terletak di pegunungan Meratus sebagai daerah wisata alam dengan budaya masyarakat Dayak Bukit. Selain air terjun haratai juga terdapat Riam Hanai, Kilat Api, Rampah Menjangan, Pemandian Anggang, dan Tinggiran Hayam. Jarak tempuh Banjarmasin - Loksado selama 3 sampai 4 jam perjalanan mobil melalui lintasan yang berliku melingkari pegunungan meratus.

    2. Air Terjun Habulu dan Bajuin

    Air terjun Habulu terletak di desa Tanjung Kecamatan Bajuin ± 17,5 km dari kota Pelaihari. Wisata Alam dengan panorama pegunungan ini memiliki tingkatan ketinggian ± 19 meter hingga ± 111 meter. Air terjun ini terletak di desa Sei Bakar Kabupaten Tanah Laut atau 75 km dari kota Banjarmasin ibukota Kalimantan Selatan. Di sekitar air terjun Habulu dan Bajuin ini juga terdapat beberapa jenis burung langka dan tanaman anggrek hutan sebagai habitas asli kawasan pegunungan Maratus. Karena jarak yang dekat, maka masyarakat lebih suka berkunjung ke air terjun Habulu dan Bajuin ini. Begitu pula para komunitas pecinta alam sering memanfaatkan lokasi air terjun sebagai ekowisata dengan menggelar kegiatan trakking, climbing, hikking, dan camping.

    3. Bamboo Rafting Loksado

    Masih di Kecamatan Loksado yang berhawa sejuk pegunungan meratus dan hutan tropis serta aliran sungai Amandit yang berasal dari mata air alami sebuah petualangan melintasi jeram menggunakan rakit bambu menjadi icon wisata alam menarik di Kalimantan Selatan. Bamboo Rafting ini dimulai dari kecamatan Loksado menyusuri aliran sungai yang deras dan berbatu hingga ke desa Tanuhi dengan jarak antara 6 – 8 km dan waktu tempuh 2–3 jam.

    4. Pantai Batakan

    Pantai Batakan merupakan obyek wisata bahari yang terpadu dengan panorama alam pegunungan karena terdapat perbukitan pinus dari bukit Meratus Pantai ini terletak di desa Batakan Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut sekitar 125 kilometer dari Kota Banjarmasin. Untuk mencapai lokasi Pantai Batakan relatif mudah karena kondisi jalan yang berkelok-kelok dan turun-naik, namun menyajikan pemandangan alam yang indah berupa barisan perbukitan hijau dan persawahan yang menguning serta perkampungan nelayan yang berada di tepi pantai.

    5. Pantai Takisung

    Pantai Takisung terhampar luas di desa Takisung Kecamatan Takisung wilayah Kabupaten Tanah Laut dengan jarak ± 22 km dari kota Pelaihari atau ± 87 km dari kota Banjarmasin. Meskipun pantai Takisung merupakan Laut Jawa namun ombaknya tidak besar sehingga aman untuk wisata bahari maupun menjadi pemukiman nelayan. Terdapat pula pasar yang menjual khas penduduk setempat mulai dari ikan asin, terasi, hiasan kerang, udang, ikan, sampai berbagai olahan terumbu karang.

    6. Pasar Terapung (Floating Market)

    Pasar terapung adalah kegiatan jual beli tradisional di muara sungai Kuin Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Transaksi pedagang dan pembeli berada di atas jukung (perahu) atau kelotok (perahu motor). Pasar terapung ini dimulai sejak pukul 06.00 hingga pukul 09.00 wita. Ada pula pasar terapung Lok Baintan di Sungai Martapura Kabupaten Banjar Lokasi pasar terapung Lok Baintan dapat dicapai dengan menggunakan klotok sekitar satu jam atau dapat melalui jalan darat dengan naik mobil dan sepeda motor dari kota Banjarmasin.

    7. Pulau Kaget

    Pulau Kaget merupakan habitat bekantan (nasalis larvatus) monyet berhidung panjang dan maskot Provinsi Kalimantan Selatan. Pulau Kaget adalah delta di tengah Sungai Barito wilayah Kecamatan Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala yang berjarak 1,5 km dari Kota Banjarmasin. Pulau ini memiliki flora dan fauna khas hutan mangrove, seperti rambai (sonneratia caseolaris) nipah (nypa fructicans) bakung (crinum asiaticum) juga habitat monyet ekor panjang (macaca fascicularis) elang laut perut putih (heliaetus leucogaster) serta udang biru (halycon chloris)

    8. Pulau Kembang

    Pulau Kembang merupakan objek wisata alam yang terkenal dikalangan wisatawan untuk dikunjungi karena berjarak 15 menit dari pasar terapung Muara Kuin Banjarmasin. Kawasan wisata pulau Kembang ini termasuk wilayah Kabupaten Barito Kuala. Pengunjung disediakan paket wisata untuk tujuan pasar terapung sekaligus Pulau Kembang dengan menumpang kelotok. Objek wisata alam Pulau Kembang ini terdapat ribuan kera yang selalu datang mendekat ke arah pengunjung untuk meminta makanan, apalagi jika merasa lapar.

    9. Goa Marmer

    Dekat dari objek wisata ini terdapat objek wisata lain yaitu Goa Marmer yang hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dengan berjalan kaki.

    Goa ini dinamakan Goa Marmer karena keunikannya yaitu dinding goa banyak terdapat batu marmer yang biasa digunakan untuk ubin rumah dan bentuk atas goa seperti kubah masjid, di dalam goa juga terdapat kehidupan binatang malam yakni kelelawar.

    Untuk para pecinta wisata alam dijamin tempat ini memberikan tantangan sekaligus keindahan yang tidak akan dijumpai di daerah manapun.


    10. Bamboo Rafting Loksado

    Masih di Kecamtan Loksado yang berhawa sejuk peganungan meratus dan hutan tropis serta aliran sungai Amnadit yang berasal dari mata air alami sebuah petualangan melintasi jeram menggunakna rakit bamboo menjadi ikon wisata alam menarik yang ada di Kalsel. Bamboo Rafting ini dimulaidari Kecamatan Loksado menyusuri aliran sungai yang deras dan berbatu hingga ke desa Tanuhi  denganjarak antara 6-8 km dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

    11. Pantai Takusing

    Pantai Takisung terhampar luas di desa Takisung wilayah Kabupaten Tanah LAut dengan jarak ± 22 km dari kota Pelaihari atau ± 87 km dari kota Banjarmasin. Pantai takisung merupakan Laut Jawa namunombaknya tidak besar jadi aman untuk berwisata. Di pantai ini juga terdapat pasar yang menjual khas penduduk setempat mulai dariikan asin, terasi, hiasan dari kerang, udang, ikan sampai berbagai olahan terumbu karang.
     

    12.  Pasar Terapung

    Pasar Terapung merupakanpasar tradisional yang bermuara di muara kuin kota Banjarmasin. Transaksi pedagang  dan pembeli berada di atasa jukung (perahu) atau kelotok (perahu motor). Pasar terapung ini dimulai sejak pukul 06.00 hingga pukul 09.00 wita.

    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top