Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    27 Object Wisata Di Kota Padang Yang Buat Kita Terpesona

    27 Object Wisata Di Kota Padang Yang Buat Kita Terpesona
    Tempat wisata Padang Sumatera Barat terdiri dari berbagai macam atraksi dan tersebar di berbagai tempat. Tamasya di Padang Di Parian, bertamasya di Bhutan Tinggi, wisata pantai di Padang adalah tempat favorit. Namun, ada potensi di bidang lain seperti Sorok. Silakan periksa atraksi Padang di artikel ini.Tempat wisata di dan sekitar Padang tersebar merata di seluruh Provinsi Sumatra Barat. Karena lanskap yang beragam di Sumatera Barat, ada banyak fasilitas hiburan di Padang (resor wisata alam). Garis alam bukit yang dikenal sebagai Bukit Barisan dan Pegunungan Barisan adalah tempat wisata gunung yang menarik.Oleh karena itu, semua tempat ini sangat cocok untuk menjadi tempat untuk hiburan di Padang bersama keluarga dan teman-teman Anda. Beberapa objek masih tersembunyi alias tidak diketahui banyak turis. Kami sudah memiliki orang lain. Untuk membaca offline, unduh informasi perjalanan dari Sumatera Barat dari sini.Garis pantai di pantai barat Sumatera, yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, memiliki wisata laut yang sangat indah. Jadikan Sumatera Barat sebagai salah satu tujuan wisata utama di Indonesia dan tambahkan keramahan warga negara kepada pengunjung.


    27 Object Wisata Di Kota Padang Yang Buat Kita Terpesona

    1. Tujuan Wisata Pantai Padang 

    Jika Anda menyebutnya pantai Padang, atau orang Taprapau (tapi Lauik), Anda harus menjadi tujuan wisata pertama di Padang. Pantai Padang benar-benar berbeda dari pantai Padang saat ini, pemerintah kota Padang terus meningkatkan dan meningkatkan berbagai fasilitas pantai ini.Sekarang, Tap Lau berubah menjadi tempat yang indah dan indah, dan berbagai bunga dihias. Pantai ini dekat dengan Ramayana Plaza An Dallas, Paddon Highway Market dan dekat dengan Jembatan Kota Nu Baya.Di daerah sekitar pantai, banyak penjual makanan ringan dapat menemukan makanan laut yang lezat. Hal lain yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda makan adalah bernegosiasi dengan pemilik warung atau Amela untuk pertama kalinya karena mungkin meningkatkan beberapa kebiasaan pedagang, biasanya agak . Jika Anda dapat berbicara tentang Minang, itu akan menjadi lebih baik.

    2. Jembatan Siti Nurbaya di Turis PadinJembatan Siti Nurbaya adalah objek wisata di Padang. Jembatan ini selalu ramai dari siang hingga malam.Pemandangan di sekitarnya sangat indah. Di malam hari, jembatan sangat terang dengan lampu-lampu kota. Di sepanjang jembatan ini Anda dapat menikmati berbagai makanan ringan seperti roti bakar, jagung bakar dan berbagai makanan dijamin lezat.Saya merekomendasikan bersulang di sini, dijamin rasanya enak. Lokasi jembatan dekat dengan pantai Padang dan Pasar Raya.


    Pantai Pasir Jambak di Objek Wisata PadangPantai Pasir Jambak adalah tempat wisata berikutnya di Padang dan pantai ini berada di Tabing. Tempat ini sekitar 20 km dari pusat kota Padang. Anda berjalan menuju persimpangan Padang-Pariaman.Pantai ini adalah pantai pasir putih yang luas, miring, penuh pohon kelapa.Selain kenyamanan liburan di Pantai Pasir Jambac, ada fasilitas seperti gerbang, tempat parkir, panggung hiburan, warung makan, homestay, gazebo, penyewaan perahu. Cocok untuk menonton berjemur, berenang, berperahu, bersantai atau matahari terbenam. Anda dapat mengakses dengan transportasi umum, bus kota atau taksi.

    4. Objek wisata Pantai Nirwana di Padang 

    Pantai Nirwana telah menjadi tujuan wisata berikutnya di Padang. Pantai ini sangat cocok untuk digunakan sebagai pesona keluarga. Ombaknya tidak terlalu besar, pasirnya putih indah, pantainya lebar, lereng adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk mandi air dan bermain air.Nirwana Beach memberi saya pengalaman istimewa ketika saya dijatuhkan oleh sekelompok mahasiswa teknik pertambangan tahun 2010. Kami tinggal di sini untuk sementara waktu dengan kuliah lapangan dengan dosen Goelogi Mr. Heri Prabowo.Setelah mandi, Anda dapat menikmati berbagai hidangan di sekitarnya. Biasanya, pada sore hari, ada juga penjual bakso dan mie ayam yang mendekati grup Anda. Ini bagus dan itu sesuatu yang tidak bisa saya lewatkan. Pantai ini dapat dicapai melalui jalan Padang Puheres-Serra yang terkenal dengan Teluk Beir yang terkenal.

     5. Obyek Wisata Pantai Air Batu Manis Malin Kundang di Padang

    Anda pasti telah mendengar tentang kisah seorang anak durhaka kepada ibunya yang dikutuk menjadi batu karang, bukan? Ini adalah mitos yang telah berkembang di masyarakat sampai sekarang. Mengenai kebenaran cerita tidak terlalu penting, yang paling penting adalah pelajaran yang bisa kita ambil, karena kita tidak boleh berdebat, apalagi ketidakpatuhan kepada orang tua.

    Pantai air asin atau pantai bagus jika orang menyebutnya, dekat teluk bayur. Jika Anda berjalan dari arah pasar, maka pantai ini berada di depan pelabuhan teluk bay. Kita dapat dengan mudah menemukan lokasi karena ada tanda lalu lintas. Di sini Anda dapat mandi atau foto. Ada juga banyak penjual souvenir pantai aia manih yang berupa batu malin kundang dan sebagainya.

    6. Pulau Cubadak 

    Pulau Cubadak terletak di Kabupaten Pesisir Selatan. Pantai ini memiliki keindahan alam yang luar biasa dengan pantai pasir putih bersih. Keindahan pulau yang indah ini adalah keberadaan teluk, batu dan tanjung. Sejauh mata memandang, laut biru dan pulau-pulau hijau akan membuat pengunjung betah untuk waktu yang lama.

     Para wisatawan yang berlibur di Pulau Cubadak harus puas karena fasilitasnya lengkap. Namun, tentu saja yang paling penting adalah keindahan panorama yang dimilikinya. Dari perairan ke daratan semuanya terlihat indah. Nama lain untuk pantai yang indah ini adalah The Paradise of the South. Pulau ini memiliki luas sekitar 710 ha. Lebih dikenal sebagai Pincuran Talu Beach oleh wisatawan lokal.

    7. Tujuan Wisata Pulau Sikuai di Padang

    Pulau Sikuai adalah tujuan wisata berikutnya di Padang yang tidak bisa dilewatkan. Pulau ini sangat cocok bagi Anda yang sedang berlibur bersama pasangan. Karena suasana sekitarnya begitu tenang, pemandangan yang indah dan lokasi yang jauh dari keramaian akan membuat suasana bulan Madu Anda semakin terasa. Kita dapat mengambil pulau ini dengan perjalanan sekitar 35 menit dengan perahu.

    Jika kita sudah di pulau ini rasanya sangat nyaman, airnya sangat jernih, pasir pantainya putih bersih, kita juga bisa memancing di sini, ikannya sangat banyak di tepinya. Untuk penginapan tersedia hotel bintang 2 di sini.

    8. Wisata Sejarah di Museum Adityawarman di Padang

    Jika Anda ingin mengenal budaya Minang lebih dekat, di sinilah tempatnya. Museum Adityawarman terletak di Jl.Diponegoro no: 10, Kota Padang - Sumatera Barat.

    Museum Negeri Propinsi Sumatera Barat mulai dibangun pada 1974 dan diresmikan pada 16 Maret 1977. Pada 28 Mei 1979, seminar itu diberi nama "Adityawarman". Nama Adityawarman diambil dari nama seorang Raja Agung yang pernah memerintah di Minangkabau, seorang kontemporer dari Kerajaan Majapahit pada masa Patih Gajah Mada.


     
    Museum Adityawarman adalah museum budaya paling penting di Sumatera Barat. Museum ini berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah seperti warisan budaya Minangkabau, warisan budaya Mentawai dan warisan budaya Nusantara. Untuk menjaga keberlangsungan koleksi benda-benda bersejarah, pemerintah setempat membentuk tim kecil yang bertugas sebagai pendidik, konservator, penyusun dan pustakawan.

    9. Objek Wisata Pantai Caroline di Padang

    Ini adalah pantai yang digunakan sebagai lirik lagu dari Minang, Caroline Beach. Pantai ini adalah salah satu tempat wisata di Padang yang wajib dikunjungi. Lokasinya di Teluk Bungus, 25 km selatan kota Padang, dapat dicapai dengan taksi atau angkot ke arah Bungus.Ada banyak fasilitas di sini, seperti penginapan, cottage, restoran, panggung seni, dan taman bermain yang cukup luas. Dari pantai ini wisatawan juga dapat menyewa perahu atau perahu nelayan untuk menuju ke pulau karang di depan mereka.

    Cuaca yang cerah membuat suasana pantai lebih menggoda untuk dicicipi. Pasir putih dan ombak biru merayu siapa saja yang mengunjungi sore itu ke Pantai Caroline - selatan Kota Padang. Fragmen gelombang yang disisir ke tepi meninggalkan busa putih dan menyapu pasir putih pasir pantai. Pantai landai dan pohon-pohon rindang menjadi daya tarik bagi setiap pengunjung. Daerah Caroline masih dianggap memiliki potensi laut yang lebih baik daripada daerah lain di sepanjang Pantai Padang.

    10. Wisata Religi Manasik Haji di Makkah Miniatur di Padang

    Jika Anda sudah berada di Padang, tidak ada salahnya jika Anda mengunjungi miniatur di Lubuk Minturun. Hitung juga jika kita bisa pergi ke Makah Al Mukarramah di Arab Saudi di sana.Asrama haji ini adalah proyek pribadi nuril zakir dan keluarga. Tujuan dari pendirian ini adalah pada saat yang sama sebagai perayaan ulang tahun pernikahan mereka yang ke 30. Pembangunan Asrama dimulai pada 13 Desember 2000, selesai pada 8 September 2001.
    Selain itu masjid ini juga memiliki beberapa hewan asing di tanah air kita seperti unta, ulaur phiton, dan ikan besar dengan nama latin arapaima.

    11. Lubuk Minturun Pemandian Padang

    Sejalan dengan lokasi mini mini, di Lubuk Minturun ada juga objek wisata untuk mandi. Jika Anda menjelajahi lebih jauh, Anda bisa mandi di Lubuk Camin atau LC di sungai ini. Untuk lokasinya sedikit lebih jauh menuju Pesantren Padang Ar-Risalah.LC atau Lubuk Camin adalah salah satu tempat pemandian favorit bagi anak-anak pesantren Ar Risalah Padang. Anda dapat menikmati air terjun di LC.Lokasinya bersebelahan dengan kolam renang ABG.

    12. Panorama Sitinjau Lauik

    Jika di malam hari ada tempat yang sayang untuk dilewatkan, Panorama Sitinjau Lauik. Panorama adalah salah satu tempat favorit untuk menikmati keindahan kota Padang di malam hari. Di sini kita bisa melihat Kota Padang dari ketinggian. Lokasinya berada di persimpangan Padang-Solok.Untuk menghangatkan suasana Anda dapat memesan mie atau kopi rebus di sini.

    13. Obyek Wisata Air Terjun Tiga Tingkat di Padang

    Bagi pecinta alam, air terjun tiga tingkat adalah salah satu tempat wisata di Padang yang harus dikunjungi. Air terjun tiga tingkat adalah salah satu objek wisata alam paling indah di padang pasir meskipun masih belum setenar tempat wisata lainnya bahkan oleh penduduk lokal di kota Padang itu sendiri.Objek wisata air terjun sempurna bagi mereka yang menyukai wisata alam dan petualangan. Air terjun ini memiliki tiga tingkatan sesuai dengan namanya dan untuk mencapai tingkat tertinggi Anda harus menyusuri jalan curam dan licin yang cukup menguras tenaga.Untuk lokasinya, air terjun ini berada di Desa Koto Lubuk Hitam Cindakir, Kota Padang. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 22 km dari kota Padang. Dapat dicapai dengan menggunakan transportasi umum, atau bahkan jika Anda menginginkan perjalanan yang lebih nyaman dapat menggunakan mobil sewaan atau kendaraan pribadi.Air terjun ini terletak di area lereng bukit Barisan. Dengan ketinggian lebih dari 600 m di atas permukaan laut, membuat air terjun ini semakin indah, terutama sesuai dengan nama air terjun tiga tingkat, yang terdiri dari 3 tingkat, komunitas Cindakir menyebutnya dengan nama Lubuk Hitam. Keindahan yang memancar dari air terjun ini pasti akan memukau para pengunjung air terjun Tiga Tingkat.

    14. Objek Wisata Lembah Anai

    Lembah Anai tidak terletak di Kota Padang, lokasinya berada di pinggir Jalan Raya Padang-Bukittinggi. Jika Anda ingin pulang atau ingin pergi ke Bukit Tinggi, maka Anda dapat melihat dan berhenti di lembah Anai. Atau Jika Anda telah selesai mengunjungi tempat wisata di Padang di atas, Anda bisa menjadikan lembah tujuan wisata yang akan datang.Objek Wisata Lembah Anai - objek wisata di PadangObjek Wisata Lembah Anai
    Lembah Anai sangat terkenal, foto disamping diambil dari kereta yang melintas di atasnya.

    15. Atraksi Taman Siti Nurbaya atau Taman Gunung Padang

    Sebenarnya Gunung Padang bukanlah gunung, melainkan sebuah bukit. Gunung Padang sendiri telah menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak diincar para wisatawan.Lokasinya di sebelah jembatan Siti Nurbaya, jika Anda berada di jembatan Siti Nurbaya, Anda akan melihat bukit ini di barat.
    Pemandangan di sekitarnya sangat mirip dengan bukit di film Doraemon dan Nobita, jadi bukit ini juga disebut bukit nobita. Di bukit ini ada makam di Goa. Dia mengatakan itu adalah makam Siti Nurbaya yang sangat terkenal karena cerita rakyat Minang, tetapi kebenarannya tidak dapat dibuktikan dan tidak ada sumber yang pasti.

    16. Lubuak Rantiang

    Daya tarik wisata pertama di Padang adalah Lubuak Rantiang. Ada tempat wisata baru di Padang sekitar Koto Tengah yaitu Sungai Bangek. Nama Sungai ini mungkin sudah banyak diketahui oleh penduduk Kota Padang. Namun, objek wisata baru yang dimaksud adalah Lubuak Rantiang. Lokasinya tidak begitu jauh dari pemandian Sungai Bangek. Sekitar 1 jam perjalanan. Dan bahkan kemudian itu disebabkan oleh medan perjalanan yang sulit. Tidak ada akses jalan yang baik karena tidak begitu populer. Bagi Anda yang ingin mencari suasana baru, mungkin ini bisa menjadi pilihan.

    17. Danau Talang di Solok

    Tidak perlu pergi jauh ke luar negeri, Indonesia - termasuk di Padang - kaya akan keindahan alam. Salah satunya adalah Danau Talang di Solok. Danau ini, setidaknya bagi kita peminat wisata alam, akan mampu memberikan ketenangan pikiran. Bahkan, Anda mungkin berasumsi bahwa Danau Talang adalah danau pribadi. Suasananya begitu sepi. Jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Jika Anda ingin melepas lelah dari kota, Danau Talang adalah tempat yang tepat.

    18. Twin Lakes

    Objek wisata berikutnya di Padang adalah Danau Kembar. Twin Lakes adalah sebutan untuk dua danau yang berdekatan. Danau Kembar terletak di Kecamatan Lambang Jaya dan Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Dari pusat kota Padang, jaraknya sekitar 60 km. Sedangkan jika dari Kota Solok sekitar 50 km. Jarak antara kedua danau itu sekitar 300 meter. Kedua danau itu sebenarnya memiliki nama yang berbeda. Satu bernama Danau Diateh. Sedangkan yang lain diberi nama Danau Dibawah.
    Meskipun disebut danau kembar, bentuk dan luasnya sangat berbeda. Di dekat danau ada beberapa restoran dan penginapan. Jadi, Anda tidak perlu repot jika ingin liburan di sini. Bahkan, di area Danau Diateh ada ruang pertemuan dan beberapa permainan anak-anak. Salah satu yang paling unik dari lokasi wisata ini adalah bahwa danau di atas diberi nama Danau Dibawah.

    19. Air Terjun Nyarai

    Objek wisata Padang Pariaman yang bisa Anda jadikan tempat liburan adalah Air Terjun Nyarai. Lokasinya di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Ketinggian air terjun ini sekitar 7 hingga 8 meter. Hal yang menarik dan ikonik adalah kolam besar dengan air kehijauan yang merupakan rumah bagi ikan. Kolam ini diapit oleh batu besar yang berbentuk seperti pintu. Di kolam ini, wisatawan dapat berenang sebanyak yang mereka suka saat menangkap ikan sambil bermain ayunan dari akar pohon.Objek wisata di Padang Pariaman ini memiliki tantangan keindahan. Salah satu tantangan serta kesenangan dari objek wisata ini adalah lokasinya di hutan. Pengunjung harus berjalan untuk mencapainya. Wisatawan akan menyaksikan keindahan dan merasakan manfaat dari hutan secara langsung, yaitu menyediakan udara segar. Selama perjalanan di hutan, mata para pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam nan indah. Anda sudah tahu bahwa salah satu manfaat alam bagi kesehatan manusia adalah menyegarkan pikiran manusia. Anda bisa merasakan itu ketika berkunjung ke sini.

    20. Air Terjun Timbulun

    Keindahan objek wisata tersembunyi di sekitar Padang lainnya adalah Air Terjun Timbulun. Keindahan air terjun ini terletak di air terjun yang terdiri dari 7 tingkat. Semuanya memiliki bentuk dan kedalaman yang berbeda. Hulu air terjun ini berasal dari kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dan bermuara di Samudera Indonesia atau di Teluk Painan.
    Jalan menuju Air Terjun Timbulun cukup mudah, dalam bentuk jalan-jalan yang disemen. Lokasinya sekitar 3 km dari pusat Kota Painan. Sedangkan dari Kota Padang berjarak sekitar 79 km. Untuk mencapai lokasi air terjun, wisatawan harus berjalan di sepanjang Sungai Batang Timbulun sejauh 500 meter dari pos penjaga pintu masuk. Tempatnya di Desa Painan Timur, Nagari Painan, Distrik IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan.

    21. Pemandian Alam Sako Tapan

    Nama Pemandian Alam Sako Tapan diambil dari lokasinya yang terletak di Desa Muaro Sako, Kenagarian Sungai Gambir Sako Tapan. Objek wisata ini biasanya digunakan oleh wisatawan untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam. Jangan lupa untuk menghirup udara segar pegunungan sambil diiringi nyanyian burung.
     

    Wisatawan yang berkunjung dapat mandi dengan puas dan gratis. Suasana alam dan batu-batu besar serta air jernih membuat tempat ini sering dikunjungi. Keindahan dan sifat dari Kamar Mandi Alami Sako Tapan menjadikan lokasi ini bebas dari polusi dan sampah. Lingkungan hidup yang berkelanjutan memang mendukung pengembangan pariwisata alam. Oh iya, di sekitar tempat pemandian, pengunjung dapat menikmati berbagai makanan ringan di mana tempat itu lesehan disediakan oleh para pedagang

    22. Pulau Pasumpahan

    Objek wisata pantai yang indah di Padang adalah Pulau Pasumpahan. Pulau ini memiliki luas sekitar 5 hektar. Memiliki pantai pasir putih dengan air laut yang jernih membuatnya mudah bagi kita untuk melihat keanekaragaman hayati terumbu karang yang kaya. Selain itu, keunikan lainnya adalah warna gradasi air laut yang membentang di sekitar pulau. Di tepi air akan terlihat jernih. Namun, ke tengah, warna airnya akan terlihat hijau. Sedangkan di kejauhan atau di tengah laut akan terlihat biru. Sungguh luar biasa. Karena keindahannya, banyak wisatawan asing dan lokal berlibur ke pulau mungil ini.
     

    Pulau Pasumpahan berada di perairan Bungus Kecamatan Teluk Kabung, Kota Padang. Untuk menuju lokasi, pengunjung biasanya menggunakan jasa transportasi perahu kayu atau speed boat dari Sungai Pisang. Jika Anda tidak puas di sini, mungkin Anda bisa pergi ke Aceh. Pulau Banyak di Aceh Singkil juga sangat terkenal akan keindahan pulau dan terumbu karangnya.

    23. Janjang Saribu

    Anda tidak lupa tentang objek wisata ini di Bukit Tinggi. Ya, Janjang Saribu di Bukit Tinggi. Bukit Tinggi dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak objek wisata yang menakjubkan seperti Sianok Canyon. Saribu Janjang, sederhananya, bisa dikatakan mirip dengan Tembok Besar China. Namun, versi Bukit Tinggi.
     
    Tempat wisata di Bukit Tinggi Janjang Saribu menjadi khas karena mereka memiliki banyak tangga yang cukup panjang. Panjang tangga membentang ke daerah di bawah Ngarai Sianok. Tangga dalam bahasa daerah ini diberi nama Janjang Saribu atau yang berarti seribu tangga.

    24. Puncak Gobah

    Puncak Gobah adalah objek wisata di Padang yang relatif baru dan sedang populer (populer) di Kabupaten Solok. Puncak ini berada di puncak Aripan Nagari menghadap ke Danau Singkarak. Keindahan Panorama Puncak Gobah menyajikan panorama alam yang menakjubkan dengan hamparan sawah, hutan dan daerah pesisir di selatan Danau Singkarak.Di lokasi puncak ini juga dilengkapi dengan rumah pohon untuk berfoto. Jika kita bandingkan dengan objek wisata di Sumatera Utara, lokasinya kurang lebih seperti Sipiso-piso.

    25. Gunung Talang

    Gunung Talang adalah gunung yang terletak di Solok. Gunung ini adalah gunung tertinggi keempat. Terakhir meletus pada tahun 2005. Meski begitu, status saat ini tetap waspada. Gunung ini memiliki ketinggian 2.572 MDPL. Menghadirkan pemandangan alam yang indah. Sayang jika kamu melewatkannya.

    26. Gunung Singgalang

    Tentu saja Anda tidak begitu akrab dengan nama gunung yang satu ini. Gunung Singgalang adalah gunung tertinggi ketiga di Sumatera Barat. Tepatnya berada di Kabupaten Agam. Gunung ini yang memiliki ketinggian 2.877 MDPL adalah jenis gunung vulkanik yang tidak lagi aktif. Di lereng gunung memiliki hutan lebat dan menampung banyak air.Berbeda dengan Gunung Sibuatan di Sumatera Utara di mana tidak ada musim semi ketika mendekati puncak. Jadi, jika Anda ingin mendaki Singgalang, Anda tidak perlu khawatir tentang persediaan air saat ini. Dari atas, kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah, termasuk Gunung Marapi di sebelahnya.

    27. Gunung Tambin

    Gunung Tambin adalah gunung yang terletak di pasaman dengan ketinggian 2.271 MDPL atau setara dengan 7.452 kaki. Jika Anda memiliki cukup uang dan keberanian, Anda dapat mengunjungi Gunung Tambin untuk mendaki atau hanya menikmati pemandangan. Meskipun tidak setenar gunung sebelumnya, itu layak untuk dikunjungi.
     
    Itulah daya tarik wisata Padang, Sumatera Barat dan sekitarnya yang patut Anda kunjungi bersama keluarga dan teman. Sudahkah Anda menemukan lokasi yang ingin Anda kunjungi dari daftar ini? Semoga perjalananmu menyenangkan!
     
    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top