Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    Kota Wisata Alam International Kota Manado

    Kota Wisata Alam International Kota ManadoManado adalah ibukota dari provinsi Sulawesi Utara. Kota yang sering kali orang memanggilnya Menado, masyarakat manado terkenal karena keterbukaannya, penuh kasih, hangat dan menyenangkan, yang membuat pengunjung tertarik secara alamiah kedalam lingkaran sebuah keluarga besar mereka.

    Pada awal abad ke-16, Kota Manado dikenal dari pengembangan negeri Pogidon yang telah datangi oleh orang-orang luar negeri. Kata Manado berasal dari kata Mana dan Rou atau Mana Dou yang merupakan bahasa Minahasa dan mempunyai arti jauh. Nama Pogidon berganti menjadi Manado pada tahun 1623, dimana pada saat itu orang-orang Eropa mulai mengenal tanah Minahasa-Manado sebagai daerah yang populer dengan hasil buminya.


    Berikut ini beberapa Wisata Alam Kota Manado yang harus dikunjungi apabila anda ke manado ;

    1. Wisata Bunaken

    Wisata Bunaken adalah yang terkenal di Provinsi Sulawesi Utara, Selain memiliki potensi pariwisata yang spesifik, seperti potensi biologis daratan yang kaya dengan berbagai jenis flora dan fauna spesifik, habitat mangrove dan padang lamun, habitat pantai pasir dengan pantai pasir putihnya, habitat terumbu karang yang dihuni lebih dari 2.000 jenis ikan seperti ikan napoleon dan jenis ikan purba yakni ikan raja laut (coellacanth), dan habitat laut dalam.

    Alam bawah lautnya telah dinobatkan sebagai salah satu yang terindah. Keindahan taman laut Bunaken ini dapat dijumpai pada spot-spot yang bernama Lekuan 1, Lekuan 2, Lekuan 3, Fukui, Mandolin, Tanjung Parigi, Ron’s Point, Sachiko Point, Pangalisang, Muka Kampung, dan Bunaken Timur. Para pecinta diving akan sangat menyukai ini. Kegiatan snorkel di Bunaken juga tak kalah menarik.

    Sejumlah kegiatan wisata Bunaken yang mungkin Anda pilih di antaranya berkeliling menggunakan katamaran (perahu berkaca), snorkeling, diving, foto bawah laut, berjemur, dan tamasya pantai. Bunaken telah difasilitasi dengan sangat baik, ada cottage dan pilihan penginapan lainnya, rumah makan, diving center, perahu berkaca, dan aneka kios souvenir. Jarak Bunaken dari pelabuhan Kota Manado sekitar 7 mil, dapat ditempuh dengan kapal cepat sekitar 35 menit menuju Bunaken. Anda tidak akan menyesal tempat wisata di Manado paling terkenal ini. Bersama dengan Pulau Siladen, Pulau Bunaken membentuk Taman Nasional Bunaken – Manado yang telah diresmikan oleh Pemerintah RI.

    2. Pulau Siladen

    Wisata Pulau Siladen adalah salah satu wisata bahari di Manado dengan daya tarik sebagaimana yang ada di Bunaken. Pulau Siladen dikenal dengan hamparan pasir pantai yang putih dan bersih. Pulau Siladen ini terletak di sebelah timur Pulau Bunaken. Dari pelabuhan Manado, Anda dapat menempuh perjalanan laut sekitar 45 menit ke Pulau Siladen naik kapal motor. Salah satu objek wisata di Manado ini memiliki spot penyelaman paling menarik di lokasi bernama Siladen 1 dan Siladen 2. Pulau Siladen ini memiliki sejumlah resort dan homestay dengan fasilitas akomodasi yang baik. Jika Anda ingin menikmati wisata laut dengan ketenangan dan keindahan yang memikat, maka Pulau Siladen di Manado adalah opsi yang layak dipertimbangkan.

    3. Danau Tondano

    Danau Tondano adalah salah satu pilihan tempat wisata menarik di Sulawesi Utara. Jarak dari kota Manado ke Danau Tondano adalah sekitar 30 km. Danau Tondano ini terletak di kota Tomohon, sebuah daerah wisata yang terkenal dengan Festifal Bunga dan merupakan tempat wisata di Sulawesi Utara yang berhawa sejuk dengan tekstur daerah pegunungan. Untuk dapat masuk ke Danau Tondano, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 4 ribu per orang. Dengan menyewa perahu seharga Rp 50 ribu, Anda dapat mengarungi Danau Tondano. Tahukah Anda? Dari Danau Tondano pada sisi Toliang Oki dan Tondano Pante, Anda akan dapat menyaksikan pemandangan laut Maluku yang menawan. Ini tak heran mengingat Danau Tondano berada pada ketinggian 600 meter dpa, dikelilingi oleh pegunungan setinggi 700 m.

    4. Taman Laut Tumbak

    Wisata Tumbak adalah salah satu pesona terumbu karang menakjubkan yang ada di Sulawesi Utara. Keindahan Taman Laut Tumbak pantas disandingkan dengan Bunaken. Namun, Tumbak masih belum banyak dikenal publik. Taman Laut Tumbak terletak di Kabupaten Minahasa Tenggara, berada pada sebuah desa yang bernama Tumbak. Dari kota Manado, jarak tempuh ke Tumbak membutuhkan waktu 3 jam dengan kendaraan darat. Seperti Bunaken, pesona Taman Laut Tumbak terletak pada keindahan terumbu karangnya. Ada 20 spot diving dan snorkel di Tumbak yang patut Anda coba, di antaranya Napo Kipas, Bohaga Mangrove, Bohaga Kecil, MFT 1, MFT2, Taman Karang, dan Pintu Samudra.

    5. Kawasan Boulevard

    Kawasan Boulevard adalah ikon kota Manado, sebuah tempat terbaik untuk mencicipi ragam kuliner yang ada di Manado. Kawasan Boulevard ini sekarang telah menjadi sebuah pusat perbelanjaan dengan kehadiran mall. Namun, tak kalah menariknya di Boulevard tersedia banyak kafe, resto, dan tempat-tempat makan dengan sajian utama makanan khas Manado. Boulevard adalah destinasi favorit bagi para pecinta kuliner. Ini adalah salah satu spot terbaik wisata kuliner Manado. Terlebih di akhir pekan, kawasan ini selalu ramai dengan pengunjung. Sebab, di Boulevard Anda dapat menyaksikan pemandangan sunset yang menawan.

    6. Pulau Lembeh

    Pulau Lembeh adalah salah satu pilihan wisata yang dicari para pecinta diving dan snorkel. Di sana, terdapat sekitar 88 spot penyelaman yang dapat Anda pilih. Keanekaragaman hayatinya sangat memikat, hanya kalah terkenal dengan Bunaken. Selain diving dan snorkel, Anda dapat menjelajahi pantai di sana. Hanya dengan menyewa perahu nelayan seharga Rp 300 ribu untuk perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam. Ada banyak resor di sana. Pulau Lembeh berada dalam wilayah administratf Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara. Untuk dapat sampai di Pulau Lembeh, Anda harus menempuh perjalanan dari Manado ke Bitung terlebih dahulu. Waktu perjalanan dari bandara udara di Manado ke kota Bitung adalah sekitar 45 menit, tersedia bis umum atau taksi. Di Bitung, tempat untuk menuju Pulau Lembeh adalah dari Dermaga Ruko Pateten. Anda akan menaiki perahu selama 15 menit untuk dapat sampai di Pulau Lembeh, biayanya Rp 8 ribu per orang.

    7. Bukit Kasih

    Bukit Kasih terletak sekitar 55 km dari kota Manado, sebuah tempat yang menjadi simbol keharmonisan antar umat beragama. Perjalanan ke Bukit Kasih membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Manado. Anda akan melalui kota Tomohon untuk dapat sampai di Bukit Kasih ini. Menaiki 2.435 anak tangga hingga sampai ke puncak bukit adalah kegiatan utama wisata di Bukit Kasih. Sepanjang perjalanan ke puncak bukit, Anda dapat menyaksikan pemandangan kawah belerang. Anda perlu berhati-hati dalam menaiki anak tangga dan gunakanlah sepatu yang nyaman. Jika kesehatan Anda tidak prima, sebaiknya tidak perlu menaiki anak tangga tersebut. Di bagian kawah Bukit Kasih, Anda dapat berhenti untuk menikmati sajian kuliner Manado berupa jagung, pisang, dan ubi rebus.

    8. Gunung Tumpa

    Gunung Tumpa adalah salah satu tempat wisata alam Manado yang menarik untuk dikunjungi. Gunung Tumpa ini memiliki spot fotografi yang memikat, Anda dapat mengabadikan gambar seluruh kota Manado dari puncak gunung. Panorama matahari terbit dan tenggelam adalah salah satu kekuatan wisata yang ada di Gunung Tumpa. Perjalanan ke Gunung Tumpa hanya membutuhkan waktu 50 menit dari kota Manado.

    9. Pulau Manado Tua

    Pulau Manado Tua selain mempunyai keindahan alam juga memiliki sejarah yang berkaitan dengan Suku Bawontehu yang pernah ada pada tahun 1512 sejak kedatangan bangsa Portugis di Wilayah Laut Sulawesi.

    Disamping potensi pantai dan laut, potensi lainnya yang dimiliki pulau ini, yaitu Hutan Lindung, Kubur Raja Mokodokek, Raja Kokodompis, Raja Wulangkalangi, Pantai Raja (Apeng Datu) bekas Istana Raja Manakalangi, Pantai Istana Wakil Raja (Apeng Gugu), Pantai Apeng Salah, Batu Layar (Batu Senggo), Batu Kadera, Batu tempat istirahat (Pangilolong), dan Bua alo yang sekarang menjadi Ibu Kota Kelurahan Manado Tua Dua yakni Bualo.


    10. Air Terjun Kima Atas

    Air Terjun Kima Atas adalah Tempat wisata di Manado yang  satu ini juga bisa menjadi salah satu tujuan wisata anda. Lokasi ini berada di Kelurahan Kima Atas Kecamatan Mapanget dan bisa ditempuh sekitar 50 menit dari pusat kota dengan angkutan darat. Disekitar air terjun bersusun tiga ini tumbuh pepohonan yang menghijau sehingga menampakkan sebuah pemandangan dan panorama alam yang indah dengan suasana lingkungan yang sejuk dan tenang.

    11. Pantai Malalayang

    Pantai Malalayang berada di Kelurahan Malalayang Dua Kecamatan Malalayang dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 5 menit dari terminal Malalayang. Kondisi pantai Malalayang berbeda dengan pantai lainnya karena dipenuhi dengan bebatuan berwarna hitam. Pantai Malalayang mempunyai keunikan tersendiri, tak heran lokasi ini selalu ramai dikunjungi warga apa terlebih setiap hari Minggu atau hari-hari libur lainnya. Mandi dipantai kemudian menikmati pemandangan pulau Manado Tua dan Pulau Bunaken sambil menyaksikan sunset ditemani segelas kopi pisang goreng adalah aktifitas yang bisa anda lakukan ditempat ini. Barisan warung-warung yang berjejer rapi menjajakan berbagai makanan khas Manado menjadikan lokasi ini sebagai salah satu lokasi wisata kuliner di Kota Manado.

    12. Arung Jeram Sawangan

    Menyelam kurang menantang bagi Anda? Sebaiknya Anda mencoba arung jeram Sawangan. Sungai ini memiliki arus yang cukup deras sehingga bagi pemula, peran pemandu akan sangat dibutuhkan.

    Anda akan diajak menaklukan arus dan bebatuan yang ada selama kurang lebih dua jam. Panjang lintasan sungai yang ditempuh adalah 9 km. Perjalanan akan dimulai di Resort River Park, Desa Sawangan. Selama di atas perahu, Anda bisa menikmati pemandangan rimbunnya pepohonan di tepi sungai. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat monyet-monyet bergelantungan di atas pohon.



    13. Taman Wisata Tandurusa

    Taman wisata Tandurusa berada di Kecamatan Aertembaga atau sekitar dua jam perjalanan dari pusat kota Manado. Di tempat wisata ini, Anda bisa menemukan banyak binatang khas Sulawesi mulai dari babirusa, monyet hitam, tarsius dan berbagai jenis burung.

    Yang paling menarik tentu saja tarsius yang sudah menjadi ikon Sulawesi Utara. Tarsius ini bentuknya menyerupai monyet tapi tubuhnya tak lebih dari 15 cm. Tangan dan kakinya berukuran lebih panjang dari tubuhnya. Satu cirinya yang paling mencolok adalah matanya yang bulat besar dan berukuran hampir setengah dari wajahnya.



    14. Museum Negeri Sulawesi Utara

    Cara paling praktis untuk mengenal budaya dari setiap daerah adalah dengan mengunjungi museumnya. Di Museum Negeri Sulawesi Utara, Anda bisa melihat budaya suku Minahasa yang merupakan suku asli provinsi ini.

    Tempat wisata yang berada di Jalan WR. Supratman ini memiliki beragam koleksi yang menggambarkan budaya masyarakat setempat. Anda bisa menemukan miniatur rumah adat, pakaian adat, alat menangkap ikan, peralatan rumah tangga, sampai benda peninggalan pahlawan daerah. Total ada sekitar 2.810 buah koleksi yang ada di museum ini.

    Untuk bisa masuk ke tempat wisata di Manado ini, Anda hanya dikenakan biaya sebesar 1.000 Rupiah untuk dewasa dan 250 Rupiah untuk anak-anak. Museum buka setiap hari kecuali hari Minggu dan hari libur nasional.



    15. Kota Bunga Tomohon

    Bergeser sedikit dari Manado, sekitar 22 km ada kota Tomohon yang disebut sebagai Kota Bunga. Berada di kaki Gunung Lokon, tanah di Tomohon menjadi sangat subur dan ideal untuk budidaya beragam jenis bunga. Di sini, setiap rumah memiliki kebun pribadi dipenuhi bunga warna-warni yang cantik.

    Antara bulan Juni – Agustus, biasanya diadakan festival bunga hias. Anda bisa melihat parade bunga dan berbagai pertunjukan seni di sepanjang jalanan kota. Jika belum puas menikmati kota ini dalam satu hari, Anda tak perlu khawatir karena ada banyak penginapan di Tomohon.

    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top