Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    Tempat Kuliner khas Medan Yang Populer dan Enak

    Tempat Kuliner khas Medan Yang Populer dan Enak
    Medan kerap menjadi tujuan untuk berwisata kuliner. Hal ini dikarenakan Medan dihuni oleh etnis Batak, Jawa, Melayu dan berbaur dengan etnis Tiongha serta India. Multikultural inilah yang membuat kuliner di Medan menjadi begitu beragam, sehingga membuat daya tarik untuk berwisata kuliner.

    Medan yang terletak di Pulau Sumatera tepatnya di Sumatera Utara memang memiliki kuliner-kuliner yang mampu menggoda lidah para wisatawannya. Contohnya seperti di kampung Madras, kawasan ini menjadi tempat tinggal keturunan India yang banyak menyajikan makanan dengan bumbu rempah khas India. Sedangkan di Jln. Semarang dan Kompleks Perumahan Cemara Asri, tersedia banyak sekali Chinese food.

    Kurang lengkap rasanya jika Anda sedang berkunjung ke Medan tanpa menikmati keanekaragaman kuliner yang tersedia di sini. Maka dari itu kami akan merekomendasikan kuliner di Medan yang wajib Anda coba.

    1. Soto Medan, adalah soto yang berkuah kental dengan sarat bumbu yang dipastikan dapat membuat mulut kita ketagihan. Soto Medan ini bisa kita temui di Rumah Makan Sinar Pagi yang berada di Jl. Sei Deli. Jika Anda kurang suka dengan kuah santan yang kental, tempat ini juga menyediakan sop ayam atau daging yang sama nikmatnya.

    Tetapi untuk mendapatkan soto Medan dan sop ayam atau daging, Anda harus bisa sabar untuk mengantri atau datanglah pagi-pagi sekali. Karena rumah makan ini memang terkenal dan selalu ramai pengunjung. Rumah makan ini mulai buka pukul 07.00 WIB-15.00 WIB.

    2. Sop Iga Sapi, Gulai Ikan Asap dan Sup Sumsum Kaki Sapi. Rumah makan favorit yang menyediakan menu ini adalah Rumah Makan Sipirok. Rumah makan yang berlokasi di Jl. Sunggal No. 14, Medan ini memiliki ruang yang lumayan luas dan bersih. Menu andalan yang tersaji di Rumah Makan Sipirok yaitu sop iga sapi dengan kuah bening dan rasanya yang gurih. Masakan khas Medan yang satu ini sungguh menggugah selera makan kita. Kalau sudah sekali makan, pasti ingin tambah.

    Selain sop iga sapi tersebut, rumah makan ini juga mempunyai menu andalan lainnya yakni gulai ikan asap dan sup sumsum kaki sapi. Ada hal unik saat makan sup sumsum kaki sapi di Rumah Makan Sipirok ini. Sumsum yang ada di dalam rongga tulang kaki sapi dihisap dengan menggunakan sedotan.

    Dan satu hal lagi yang kami sarankan untuk Anda, yaitu bila ingin datang ke Rumah Makan Sipirok sebaiknya jangan datang terlalu siang kalau tidak ingin kehabisan masakan andalan di sini. Biasanya rumah makan ini mulai buka pukul 10.00 WIB-15.00 WIB.

    3. Mie Aceh, mie ini tidak hanya tersedia di Aceh saja tetapi juga tersedia di Medan. Mie Aceh mempunyai rasa yang lezat dengan rempah yang khas semakin terasa nikmat disajikan bersama acar bawang, emping melinjo, dan irisan mentimun. Mie Aceh mempunyai enam varian yaitu mie Aceh  biasa, mie Aceh udang, mie Aceh dengan campuran kepiting, mie Aceh daging, mie Aceh telur dan mie Aceh cumi.

    Kedai mie Aceh yang populer di Medan ada dua. Pertama, Mie Aceh Titi Bobrok yang berlokasi di Jl. Setiabudi No. 17C dan kedua, Mie Aceh Baru di Jl. Setiabudi No. 48. Sedangkan untuk harga satu porsi mie Aceh hanya berkisar antara Rp8.000,00-Rp40.000,00 per porsi. Kedua kedai mie ini buka setiap pukul 11.00 WIB-21.00 WIB

    4. Sate Padang, jika Anda sudah di Medan tidak salahnya untuk mencoba kuliner yang satu ini. Anda bisa menikmati sate Padang ini bersama dengan taburan keripik singkong pedas. Campuran citarasa gurih, pedas dan suara kriuk-kriuknya membuat selera makan bertambah. Tempat populer untuk Anda bisa mendapatkan sate Padang ini adalah Kedai Sate Padang Al-Fresco yang berlokasi di Jl. Perniagaan (Pajak Ikan). Kedai Sate Padang Al-Fresco ini buka mulai pukul 19.00 WIB-22.00 WIB.

    5. Durian Medan, bagi Anda yang suka dengan durian dan sedang berada di Medan pada bulan Desember-Februari, harga durian disini relatif murah karena sedang pada musimnya. Harga durian satu buahnya berkisar antara Rp15.000,00-Rp20.000,00. Namun Anda tidak usah khawatir bila datang sebelum bulan Desember atau sesudah bulan Februari, durian Medan selalu tersedia sepanjang tahun, hanya saja harganya menjadi sedikit lebih mahal.

    Dan yang perlu diketahui jika Anda tidak bisa memilih durian, pelayan disini akan memilihkan durian sesuai keinginan pembeli. Mau yang manis legit atau manis pahit? Kalau tidak sesuai keinginan, Anda boleh mengembalikannya dan tidak perlu membayar.

    Untuk bisa menikmati durian Medan, Anda dapat berkunjung ke Kedai Durian Ucok yang berlokasi di Jl. Iskandar Muda No. 75 atau di Kedai Durian Pelawi, Jl. Sunggal, Simpang Jalan Kutilang, Medan.

    6. Pancake Durian, cake ini terbuat dari buah durian tanpa biji dan dibalut dengan dadar yang tipis. Anda bisa menikmati pancake durian ini di Nelayan Tenda yang berada di Pusat Jajan Merdeka Walk. Merdeka Walk merupakan tempat jajan berkonsep outdoor, tempat ini sangat ramai di malam hari dan juga merupakan salah satu tempat nongkrong anak muda Medan.

    Makanan khas Medan memang sangat menggoda dan menggugah selera. Jadi bila Anda sedang di Medan jangan sampai tidak berkunjung ke tempat-tempat kuliner tadi yaa ...

    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top