Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    Rasanya Tidak Pas ! Jika Berwisata Ke Palembang Tanpa Mencoba Kuliner Di Kota Ini

    Rasanya Tidak Pas ! Jika Berwisata Ke Palembang Tanpa Mencoba Kuliner Di Kota Ini
    Ketika berbicara tentang kota kuliner Palembang, tentu saja apa yang dibayangkan adalah Pempek Palembang yang sudah dikenal di mana-mana. Meskipun kota yang kaya akan rempah-rempah ini memiliki banyak kekayaan kuliner yang menunggu untuk dibuat. Dengan Sungai Musi mengalir di jantung kota, sebagian besar makanan khas Palembang terbuat dari ikan dan udang. Meski begitu, setiap sajian memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri. Ingin tahu apa spesialisasi Palembang yang menarik di hatimu?



    Rasanya Tidak Pas ! Jika Berwisata Ke Palembang Tanpa Mencoba Kuliner Di Kota Ini

    1. Pempek dan Lenggang Candy

    Jika Anda berbicara tentang kota kuliner Palembang, Anda akan segera mengingat Pempek. Ikan dan pati olahan yang biasanya disajikan setelah digoreng dengan saus cuko berwarna gelap dengan rasa manis dan asam yang menyegarkan. Salah satu pempek paling terkenal di Palembang adalah Pempek Candy yang terkenal dengan pempek renyah dan renyah di luar tetapi masih lembut di dalamnya. Gerainya tersebar di seluruh kota dan bahkan di luar kota. Selain pempek, jangan lupa untuk mencoba lenggang, pempek lenjer yang digoreng dengan telur bebek lalu dibakar.

       

      

    Informasi

            
    Nama: Pempek Candy
            
    Lokasi: Jl. Letnan Jenderal Harun Sohar No.99, Kebun Bunga, Sukarami, Kota Palembang,
            
    Telepon: (0711) 417319
            
    Jam buka: o6.00-21.00
            
    Situs web: pempekcandy.com

      2. Tekwan Lince

    Tekwan adalah bakso berbasis di Palembang. Biasanya berupa bakso ikan yang disajikan dengan kaldu bening, bawang hijau dan mie putih. Biasanya tekwan juga dijual di restoran Pempek sebagai salah satu pilihan menu. Salah satu restoran favorit warga Palembang untuk menikmati tekwan adalah R.M. Pempek Lince. Saus ini khas karena terbuat dari jus kepala udang, dan bakso ikan lembut dan kenyal. Selain itu, Pempek Lince juga dikenal unik karena setelah digoreng, Pempek dibakar sebelum disajikan.

        
    Informasi

            
    Nama: Pempek Lince
            
    Lokasi: Jalan Tugu Mulyo No. 2398, 20 Ilir D. I, Ilir Timur I, Palembang
            
    Telepon: 0812-7894-427
            
    Jam buka: 08: 00-18: 00
            
    Situs web: pempeklince.com

    3. Warung Aba

    Makanan khas lainnya yang sering menjadi menu sarapan favorit bagi penduduk lokal adalah Laksan dan Celimpungan. Keduanya terbuat dari bahan dasar ikan yang menyerupai adonan pempek, hanya disajikan dengan saus kari kental yang menggoda. Yang paling terkenal adalah Warung Aba yang didirikan dari tahun 1981. Kari di Warung Aba terkenal dengan perpaduan rempah-rempahnya yang membuat lidah dan perut senang di pagi hari. Ada juga menu Burgo dan Lakso yang terbuat dari tepung beras dan juga siap untuk dimakan dengan saus kari dan taburan bawang goreng.

        
    Informasi

            
    Nama: Warung Aba
            
    Lokasi: Jl. Dr. M. Isa No.26 / 15, Kuto Batu, Ilir Tim. II, Kota Palembang,
            
    Telepon: (0711) 713991
            
    Jam buka: 06.00-13.00

    4. Martabak HAR

    Palembang juga memiliki menu martabak yang berbeda dengan martabak khas di kota-kota lain. Meskipun bentuknya mirip dengan martabak pada umumnya dan terbuat dari kulit renyah tipis yang merupakan campuran telur dan daging, palembang martabak dimakan dengan saus kental. Martabak HAR adalah yang paling terkenal di kota jembatan Ampera ini. Penciptanya adalah Haji Abdul Rozak, yang sering disingkat sebagai HAR. Rasanya renyah dengan saus kaya rempah-rempah dengan beberapa potong kentang. Tentunya sangat sayang untuk dilewatkan jika mengunjungi kota Palembang.

        
    Informasi

            
    Nama: Martabak HAR
            
    Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.537, 18 Ilir, Ilir Tim. Saya, Kota Palembang
            
    Telepon: (0711) 358432
            
    Jam buka: 10.00-21.00
            
    Instagram: @martabakhar

    5. Noodle Celor 26

    Menu sarapan kota Palembang lainnya adalah Mie Celor. Mie celor berarti mencelupkan mie, yang sesuai dengan proses pembuatannya yang tidak direbus tetapi dicelupkan ke dalam ketel air panas. Mie celor disajikan dengan kaldu kuah kental, tauge dan potongan telur rebus. Mie Celor yang terkenal di Palembang tentu saja adalah Mie Celor 26 ilir Haji Syafe'i. Rasanya gurih dan berbau khas karena tembus dari ekstrak kepala udang besar. Mienya kenyal dan segar karena dibuat oleh pemiliknya. Sebaiknya Anda segera menikmati sajian hangat ini agar kesegaran rasanya terasa segar dari bahan-bahannya.

        
    Informasi

            
    Nama: Mie Celor 26 Ilir
            
    Lokasi: JL. KHA Dahlan, No. 2, Pasar Ilir, Talang Semut, Bukit Kecil, Kota Palembang,
            
    Telepon: 0813-6889-0101
            
    Jam buka: 07.00-20.00


     6. Pindang ikan Ibu Ucha

    Masih soal hidangan ikan, karena kota Palembang adalah tempat untuk mengolah masakan yang terbuat dari ikan dan udang. Sup pangang patin adalah hidangan lain yang juga tidak boleh dilewatkan. Yang dimaksud dengan pindang lele adalah sajian ikan lele dengan sambal santan dengan rasa saus asam, manis, pedas gurih yang sangat lezat dan menyegarkan. Jika Anda ingin menikmati sup lele berkualitas dan berbagai ikan olahan dan makanan udang yang tidak kurang bagus, silakan kunjungi RM Pindang Meranjat yang dimiliki oleh Ny. Ucha di daerah Meranjat. Daging ikan lele yang lembut dan segar, sausnya bebas dari rasa amis dan tentunya adiktif.

        
    Informasi

            
    Nama: R.M. Pindang Meranjat Ibu Ucha
            
    Lokasi: Jl. Demang Lebar Daun No.14, Lorok Pakjo, Ilir Bar. Saya, Kota Palembang,
            
    Telepon: (0711) 374201

            Jam buka: 9.30-16.30

    7. Tempoyak Musi Rawa

    Jika Anda masih penasaran dengan menu sup pindang Palembang, masih ada beberapa restoran yang tidak kalah lezat dari RM Pindang Ibu Ucha, dengan citarasanya sendiri. Salah satunya adalah RM Musi Rawas, yang juga menyajikan hidangan khas Palembang. Namun, menu andalan restoran sederhana ini adalah Pepes Patin Tempoyak. Sambal tempoyak terbuat dari durian yang telah difermentasi, tetapi setelah dimasak rasa dominannya asam dengan aroma durian yang jelas. Rasanya unik, pedas asam yang menurut penduduk setempat adalah suplemen makanan paling enak dan adiktif. Selain pepes tempoyak dan sup pindang, RM Musi Rawas juga menyediakan berbagai olahan udang besar dan ikan air tawar khas Palembang.

        
    Informasi

            
    Nama: Pindang Musi Rawas RM
            
    Lokasi: Jl. Angkatan 45 No.18, 12, Lorok Pakjo, Ilir Bar. Saya, Kota Palembang,
            
    Telepon: (0711) 370590
            
    Jam buka: 09.00-21.00


    8. R.M Sri Melayu

    Restoran masakan Palembang yang terkenal lainnya adalah R.M Sri Melayu. Suasana restonya cukup luas dan didominasi oleh interior khas Sumatera Selatan. Selain paviliun utama, restoran yang rindang ini juga menyediakan gazebo lesehan di tepi kolam buatan kecil yang menghiasi pusat restoran. Seperti restoran lain, R.M. Sri Melayu juga menyajikan berbagai sup pindang makasar sebagai menu utama, hanya andalannya adalah udang sungai. Dari segi visual, hidangan ini sudah sangat menggoda dengan udang yang sangat besar terlihat berenang di tengah santan kental yang kaya akan rempah-rempah. Jangan lupa juga untuk mencicipi berbagai sambal ciptaan yang bagus dan tak terkalahkan.

        
    Informasi

            
    Nama: R.M Sri Melayu
            
    Lokasi: Jl. Demang Lebar Daun No.1, Demang Lebar Daun, Ilir Bar. Saya, Kota Palembang,
            
    Telepon: (0711) 420468
            
    Jam buka: 08.00-22.00


    9. Pondok Kelapo

    Restoran spesial alternatif Palembang lainnya adalah R.M Pondok Kelapo. Restoran yang cukup luas ini dibangun dengan konsep paviliun terbuka sehingga terasa luas, nyaman dan santai. Tidak hanya menjual aneka olahan khas Palembang seperti sup pindang, pepes tempoyak dan ikan goreng seluang, restoran ini juga menyajikan ikan olahan modern seperti lada hitam, asinan asam manis. Jangan lupa untuk memasukkan hidangan kerang lengkap dengan berbagai jenis kerang yang unik seperti kerang bambu, kerang hijau dan kulit madu.

        
    Informasi

            
    Nama: R.M Pondok Kelapo
            
    Lokasi: Jl. Demang Lebar Daun No.184, Demang Lebar Daun, Ilir Bar. Saya, Kota Palembang,
            
    Telepon: (0711) 412011
            
    Jam buka: 10.00-22.00


    10. Sate Sapi Wak Din

    Jika Anda bosan dengan makanan ikan, kuliner Palembang lain yang juga terkenal adalah Sate Sapi Wak Din. Sate manis juga disebut karena disajikan dengan kecap manis yang dibumbui cuka. Rasanya cukup eksotis karena campuran manis dan asam menggigit lidah. Aroma khas telah keluar dari Warung Depat karena sate dibakar di depan pintu masuk. Satu porsi hanya berisi 5 batang, tetapi pengunjung akan puas karena dagingnya besar dan masih terasa empuk dan kenyal.

        
    Informasi

            
    Nama: Sate Wak Din Palembang
            
    Lokasi: Jl. Mayor Jenderal HM Ryacudu, 7 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang,
            
    Telepon: 0853-8226-3677
            
    Jam buka: 09.00-21.00



    11. Bakmi Aloi

    Restoran ini termasuk makanan non-halal karena menggunakan daging babi sebagai pelengkap lauk pauknya. Masakan Cina memang banyak dikembangkan di wilayah Sumatera, terutama di kota-kota besar seperti Palembang dan Medan. Ini adalah favorit penduduk Palembang karena mie yang kenyal dan gurih. Pengunjung dapat memilih dua jenis mie, yaitu mie biasa dan mie lebar yang menyerupai mie. Untuk pilihan topping, restoran ini menawarkan ayam olahan, babi panggang, babi cincang, dan jamur. Jangan lupa mencicipi ngohiang babi, yaitu hidangan goreng yang menyerupai kekian dengan aroma khas dan rasa yang luar biasa.

        
    Informasi

            
    Nama: Bakmi Aloi
            
    Lokasi: JL. Dempo Luar, No. 410 A, 15 Ilir, Ilir Timur I, Palembang,
            
    Telepon: (0711) 354934
            
    Jam buka: 06.00-22.00


    12. La Vita Bella

    Tidak hanya restoran khas Palembang yang menarik untuk dikunjungi di Palembang, beberapa restoran mewah di sini menawarkan pengalaman kuliner yang menyenangkan dan unik. La Vita Bella menawarkan masakan bergaya barat yang disesuaikan dengan lidah penduduk setempat. Untuk pembukaan, pengunjung akan disajikan sum sum panggang yang siap untuk dimakan dengan roti dan mentega yang lembut dan lezat. Restoran ini menawarkan menu restoran bintang lima seperti iga, lidah sapi, dan salmon yang disajikan dengan indah seperti karya seni. Memang harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan restoran lain, tetapi pengunjung akan sangat puas menikmati kuliner restoran La Vita Bella.

        
    Informasi

            
    Nama: La Vita Bella Casual Dining
            
    Lokasi: Jalan Akbp Cek Agus No. 284, 8 Ilir, Ilir Timur II, Kota Palembang
            
    Telepon: (0711) 5626366
            
    Jam buka: 11.00-22.00




    Rasanya Tidak Pas ! Jika Berwisata Ke Palembang Tanpa Mencoba Kuliner Di Kota Ini

    13. River Side Restaurant

    Berbicara tentang Kota Palembang, tentu saja Anda tidak dapat melewatkan gedung Jembatan Ampera yang ikonik. River Side Restaurant menawarkan pengalaman menikmati hidangan khas Palembang dengan pemandangan Jembatan Ampera yang berdiri megah di antara Sungai Musi yang tenang dan tenang. Pengunjung dapat memilih tempat duduk di atap sehingga mereka dapat menikmati angin dan pemandangan kota. Lebih baik datang di malam hari ketika udaranya sejuk dan lampu jembatan dinyalakan. Menu yang ditawarkan didominasi oleh berbagai ikan olahan seperti sup pindang, pepes pangasius dan aneka cabai rawit.

     


       Informasi

            
    Nama: Restoran River Side
            
    Lokasi: Jalan Temon Ilir Barat II, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang,
            
    Telepon: (0711) 368222
            
    Jam buka: 09.00-23.00



    14. R.M Pagi Sore

    R.M Pagi Sore adalah restoran masakan Padang yang terkenal di Palembang. Meskipun bukan makanan khas dari daerah ini, penduduk setempat juga menyukai masakan dari provinsi tetangga ini. Menu andalannya adalah rendang yang tidak kalah padat dengan restoran di Padang. Restoran ini juga dibangun di luar dan lapang dengan atap yang tinggi dan dekorasi yang menyenangkan. Pengunjung juga dapat menikmati menu santan khas dengan rempah-rempah yang kuat dan membangkitkan selera seperti kari cumi dan kari otak, sambal lado dan kerupuk janggek yang terbuat dari kulit sapi.

        
    Informasi

            
    Nama: Pagi Pagi
            
    Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.96D, 20 Ilir D. I, Ilir Tim. Saya, Kota Palembang,
            
    Telepon: (0711) 323000

            Jam buka: 07.00-21.00


    15. Restoran Golden Abalone

    Restoran fine dining lainnya yang sering menjadi tujuan lokal untuk acara formal dan perayaan adalah Golden Abalone Restaurant yang terletak di The Arista Hotel Palembang. Makanan disajikan di restoran khas China dengan berbagai pilihan menu lezat. Andalannya adalah berbagai persiapan abalone dan sup sirip ikan hiu serta menu makanan laut lainnya. Restoran ini selalu ramai dengan pengunjung selama liburan etnis Cina seperti tahun baru dan festival kue bulan.

        
    Informasi

            
    Nama: Golden Abalone Restaurant
            
    Lokasi: The Arista Hotel Palembang, Jl. Topi. A.Rivai, Sungai Pangeran, Ilir Tim. Saya, Kota Palembang,
            
    Telepon: (0711) 355000
            
    Jam buka: 10.00-15.00 dan 18.00-22.00
            
    Situs web: goldenabalonerestaurant.com




    Rasanya Tidak Pas ! Jika Berwisata Ke Palembang Tanpa Mencoba Kuliner Di Kota Ini

     16. Kafe Serendipity

    Tempat kuliner yang direkomendasikan di Palembang adalah kafe serendipity. Kafe murah di Palembang ini memiliki nuansa yang mewah dan menyatu dengan alam. Menu makanan ditawarkan seperti pasta panggang, BBQ, sayap ayam, dan cokelat panas. Anda dapat langsung datang ke alamat Jalan AKBP. Cek Agus No.284 Ilir Timur Palembang.

     

     

     

    17. B777 dapur langit

    Tempat terbaik untuk makan di Palembang yang dapat Anda kunjungi adalah dapur langit B777. Restoran ini memiliki desain seperti di kabin pesawat. Menu andalan di tempat ini adalah mie ayam cha cha chicken, mie pedas, dan mie seafood tom yum. Jika Anda ingin mencobanya, langsung datang ke Jalan Force 45, Lorok Pakjo, Palembang.

     

    18. Kedai tiga nyonya

    Toko tiga nyonya adalah daftar tempat wisata kuliner di Palembang yang wajib Anda kunjungi. Tempat kuliner ini menyajikan konsep kuno. Suasana restoran seolah Anda makan di rumah sendiri. Menu disajikan oleh kombinasi bahasa Indonesia, Belanda, dan Cina. Anda dapat mengunjungi Jalan Supeno, Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang.

        

    19. Cafe hello kity

    Cafe unik di Palembang bernuansa pink dan hello kity. Tempat ini menyediakan menu untuk anak-anak hingga orang dewasa. Menu yang ditawarkan seperti nasi chicken katsu kuah kari, mix fread, cuppa cup chicken cury dan aneka pancake. Tempat ini berada di Palembang Indah Mall dan Palembang Square.

        

    20. Restoran Seoul

    Tempat makan anak-anak muda di Palembang yang tidak kalah menarik adalah restoran Seoul. Tempat kuliner ini terkenal dengan spesialisasi Korea di Palembang. Makanan favorit di tempat ini adalah daging BBQ. Tempat kuliner ini terletak di Jalan Walikota Santoso No.1540 C / D, Ilir Timur I, Palembang.


    21. Restoran pinggir sungai

    Restoran pinggir sungai adalah tempat nongkrong di Palembang dengan pemandangan jembatan ampera. Pengunjung dapat memilih tempat duduk di atap sehingga mereka dapat menikmati pemandangan kota. Menu yang ditawarkan berbagai ikan olahan seperti sup pindang, pepes pangasius dan aneka saus sambal. Lokasinya berada di Jalan Temon Ilir Barat II, 19 Ilir, Bukit Kecil, Kota Palembang.

     

    Rasanya Tidak Pas ! Jika Berwisata Ke Palembang Tanpa Mencoba Kuliner Di Kota Ini

    22. Pempek SAGA Sudi Mampir

    Wisata kuliner di Palembang yang satu ini tepat untuk Kawan- kawan yang datang ke Palembang untuk berburu Pempek. Namun, di restoran Palembang yang terletak di Jalan Merdeka, 22 Ilir, Bukit Kecil, Palembang, ini memiliki menu populer yang wajib Anda coba, yaitu Pempek Panggang.
    Selain dipanggang pempek, tentu masih banyak pilihan menu Pempek Palembang lainnya yang bisa dicicipi ketika mengunjungi restoran ini.

     

     

     

     

    23. Mamat Red Bean Ice (Hatta Field) & Cinde Red Bean Ice

    Sudah puas makan Pempek, itu akan lebih lengkap untuk menikmati dessert lokal favorit Anda di Palembang. Es kacang merah adalah salah satu pilihan makanan penutup manis yang paling populer.Beberapa tempat di mana Toppers dapat menemukan es kacang merah favorit Palembang adalah "Es Mamat" yang berada di kompleks Hatta Field atau Cinde Red Bean Ice yang terletak di area pasar Cinde Palembang.




    24. Bakmi Alun

    Pilihan kuliner kuliner Palembang lainnya yang dapat dikunjungi berikutnya adalah Bakmi Alun yang terletak di daerah pasar Sayangan. Bakmi yang buka saat senja malam ini juga menjajakan es tahu atau dikenal dengan tahua es di Palembang untuk menemani hidangan mie Anda.Selain mie, di daerah pasar Sayang di malam hari juga dimeriahkan oleh berbagai wisata kuliner khas Pecinan lain yang bisa menjadi teman - coba saja, lho!

     

    25. Kampung Kapitan Seafood Restaurant

    Kampung Kapitan adalah salah satu tempat bersejarah yang populer di Palembang. Di daerah wisata ini, kawan - kawan juga dapat melakukan wisata kuliner seafood karena di sini adalah Restoran Seafood Kapitan yang disukai oleh makanan laut.Selain hidangan lokal, berbagai makanan laut juga disajikan dalam resep internasional yang akan memperlakukan lidah Anda.

     

    26. Kios Mengambang

    Kota Palembang terkenal dengan Sungai Musi. Tidak hanya di Riverside Restaurant, Kawan - kawan juga bisa menikmati kuliner tepi sungai Musi di berbagai warung Apung di tepian sungai Musi (tepatnya di sebelah pasar 16 ilir Palembang).Di sini, Anda bisa merasakan sensasi wisata kuliner Palembang di atas perahu kecil yang menjajakan beragam masakan lokal seperti Pindang dan Pempek sambil menikmati pemandangan sungai Musi dengan Jembatan Amperanya.


     27. Social Market / SOMA

    Untuk yang ingin wisata kuliner di kota Palembang sembari nongkrong cantik, Social Market atau yang lebih populer dengan nama SOMA di Palembang bisa kawan - kawan singgahi. Berbagai restaurant di Palembang mulai dari yang menyajikan menu Asia, menu tradisional, hingga menu western bisa teman - teman temukan disini.

    Selamat mencicipi dan semoga makin mencintai kekayaan kuliner Indonesia.

     

    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top