Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    Kemana Lagi Kita Liburan Selain Mencoba Ke Wisata Alam Ternate

    Kemana Lagi Kita Liburan Selain Mencoba Ke Wisata Alam TernateTernate merupakan sebuah pulau kecil, namun cukup mewakili keindahan alam serta budaya Indonesia Timur. Selain wilayah yang tidak begitu luas di mana anda dapat menjangkau dalam waktu singkat, anda pun dapat menghemat dari segi biaya dengan suguhan keindahan tempat wisata yang tak kalah dengan daerah lain. 

    Jakarta ke Ternate paling cepat dicapai dengan menggunakan pesawat. Beberapa airlines yang beroperasi adalah: Garuda Indonesia, Sriwijaya, Batavia, Lion dan Express. Harga tiket PP berkisar 1,4jt - 3jt.
    Di Ternate sendiri banyak objek wisata yang memukau. Pulau Morotai, yang diabadikan di tiap lembar uang seribu rupiah. Pantai Sulamadaha, pantai yang indah di sisi lain pulau Ternate. Danau Tolire, dengan pemandangan Gunung Gamalama yang luar biasa indah. Benteng Toluko, benteng peninggalan Portugis. Dan masih banyak lagi.


    Ternate juga merupakan sebuah kota yang terletak di bawah kaki Gunung Api Gamalama yang beribukotakan Maluku Utara. Nah tentunya tempat-tempat wisata yang ada di Ternate ini cocok bagi anda yang ingin liburan hemat atau dengan budget yang terbatas. Untuk akses ke tempat ini juga cukup mudah, dengan majunya teknologi transportasi, maka liburanpun akan lebih cepat dan menyenangkan. Ya, seiring dengan geografis negara Indonesia yang berkepulauan, maka saran transportasi pesawat ini menjadi andalan masyarakat untuk bepergian ke wilayah lainnya.

    Berikut ini ada rekomendasi dari saya yang merupakan tempat wisata yang patut dikunjungi ketika berada di Ternate, antara lain:


    1. Benteng Tolukko

    Benteng ini terletak di kecamatan Ternate Utara, kelurahan Sangadji, Kota Ternate. Dibangun oleh Fransisco Serao pada tahun 1540 asal Portugis. Kemudian pada tahun 1610, benteng ini direnovasi oleh Pieter Both. Tempat wisata bersejarah ini tergolong unik, jika kita melihat bagunan ini dari atas, maka kita akan melihat bentuk yang mirip dengan alat kelamin laki-laki. Ditempat ini kita juga dapat mengabadikan pemandangan yang sangat indah karena dibagian belakangnya terdapat Gunung Gamalama bersama keluarga, sahabat, ataupun kerabat. Nah jika anda ingin berkunjung ke tempat bersejarah ini silahkan datang ke kota Ternate bagian utara.

    2. Keraton Kesultanan Ternate

    Tempat ini berdiri pada tanggal 24 November 1813 oleh Sultan Muhammad Ali , yang kemudian diserahkan kepada departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan mulai diresmikan pada tahun 1882 oleh Menteri kebudayaan , Daud Joesoef pada saat itu. Museum ini menyimpan banyak harta karun, koleksi peninggalan bangsa Eropa, salah satunya adalah Mahkota. Mahkota ini tergolong unik dan sacral yang tidak ada di Negara dan daerah manapun didunia ini. Selain itu museum ini juga mengoleksi benda-benda arkeologi, geologi, etnografi, sejarah, filologi, seni rupa dll.

    3. Pantai Sulamadahal

    Pantai Sulamadaha atau Pantai kaca ini memiliki kejernihan air laut seperti kaca. Jika anda melihat air dari atas perahu, anda akan tercengang melihat kejernihan air ini dan merasakan seperti sedang melanyang diatas terumbu karang. Anda dapat melakukan olahraga air seperti snorkeling dan diving . Tempat ini sangat cocok untuk anda yang menginnginkan suasana keindahan alam dengan terbentang luas hamparan pasir hitam dan deburan ombak yang berwarna biru.

    4. Batu Angus

    Obyek wisata yang satu ini adalah tempat yang paling terpopuler dan menjadi andalan masyarakat Ternate. Yang letaknya kurang lebih 10 Km dari kota Ternate.Tempat ini dipenuhi oleh hamparan batu-batu yang tampak hangus terbakar. yang berasal dari muntahan gunung Gamalama, selain itu tempat ini juga dapat melihat pemandangan laut lepas , lereng gunung Gamalama dan Pulau Hiri.

    Selain tempat wisata yang menarik, Ternate juga memiliki aneka kuliner tradisional dan pastinya bisa menggoyang lidah, berikut ini beberapa diantaranya:

    5.Gohu Ikan Cakalang

    Gohu Ikan Cakalang ini adalah salah satu makanan khas masyarakat Ternate. Soal cita rasa masakan ini dijamin bikin ketagihan. Rasa pedasnya yang alami drai cabe rawit ditambah daun kemangi dan rasa asam dari perasan jeruk lemon. Meskipun cara pengolahan makanan ini tidak membutuhkan proses pematangan diatas api atau tidak dimasak tetapi ikan ini tidak terasa bau amis.Gohu ikan ini sangat cocok dimakan bersama pisang atau singkong rebus.

    6. Nasi Kuning Ikan Telur

    Nasi kuning yang pada umumnya sudah ada di Pulau Jawa, tenyata di Masyarakat Ternate ini menjadi makanan khas. Jika anda berkunjung kesini, maka anda dapat mudah menemukan penjual nasi kuning ikan telur. Dipagi hari ketika perut keroncongan makanan ini cocok dijadikan sarapan pagi anda.. Perbedaan antara nasi kuning jawa dan ternate ini terletak pada kelengkapan daging ikan tongkol dicampur dengan mie dan singkong goreng

    7. Kue Bagea

    Cemilan yang banyak digemari oleh masyarakat bagian Timur ini berbahan dasar dari sagu ditambah kenari, gula, kayu manis dan rempah-rempah lainnya. Meskipun agak sedik keras teksturnya, tetapi masyarakat sangat menggemari kue ini karena rasanya yang begitu gurih ditambah aroma alami daun enan yang menjadi ciri khas cemilan tersebut. Cemilan ini cocok dimakan bersama secangkir kopi hangat atau teh tawar hangat. Kisaran harga kue ini relatif merakyat sekitar 20 ribu sampai 25 ribu tiap bungkusnya.


    8. Masjid Sultan Ternate

    Bagi anda yang ingin melakukan wisata religious, Masjid Sultan Ternate dapat menjadi pilihan anda. Jika dilihat dari arsitektur bangunannya, tempat wisata ini dapat menggambarkan ciri khas bangunan untuk Indonesia bagian timur. Masjid ini bisa anda jumpai di Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Utara. Masjid Sultan Ternate ini sekaligus menjadi bukti berdirinya Kesultanan Islam pertama di Ternate khususnya di Indonesia bagian timur.

    9. Danau Tolire

    Danau Tolire terkenal dengan mitos jika melempar batu ke danau ini maka batu tersebut tidak akan jatuh ke dalam air danau. Tetapi sebenarnya ada teknik-teknik khusus agar batu dapat mencapai air danau, yaitu harus melempar batu dengan kekuatan penuh dan sangat jauh. Sampai saat ini kedalaman danau Tolire belum diketahui. Konon ada banyak benda logam semacam perhiasan yang banyak ditenggelamkan di danau Tolire. Selain itu, konon danau Tolire juga terdapat buaya putih. Namun hanya orang-orang tertentu yang dapat melihat buaya tersebut.

    10. Laguna

    Tujuan terakhir dalam “round gunung” Ternate kali ini adalah sebuah laguna. Laguna tersebut biasanya terlihat dari pesawat saat akan landing di bandara Sultan Baabullah. Namun kami hanya melihat Laguna tersebut dari atas. Pemandangan Laguna dari atas justru sangat indah seperti yang tergambar pada lembar uang seribuan lama, yang juga memperlihatkan Pulau Maitara. Suasana sore di Laguna tersebut cukup tenang dan syahdu.

    11. Ternate - Pulau Bacan, Halmahera Selatan

    Paling cepat dicapai dengan menggunakan pesawat kecil. Beberapa airlines yang beroperasi adalah : Express, Merpati, dan NBA. Harga tiket one way berkisar 150rb - 350 rb.
    Tapi kalau belum pernah naik kapal, mungkin lebih baik merasakan pengalaman menginap di kapal. Berangkat dari pelabuhan Bastiong - Ternate, ke pelabuhan Babang - Pulau Bacan. Harga tiket Rp 100rb jika ingin menginap di dek bersama penumpang lain, atau Rp 250rb jika ingin mengindap di kabin. Kapal berangkat sekitar jam 8 malam dan sampai sekitar jam 5 pagi.
     

    12. Pelabuhan Babang - Kota Labuha, Pulau Bacan

    Sesampainya di pelabuhan Babang, carilah Otto (angkutan umum seperti mikrolet) ke arah kota Labuha. Tarif untuk 1 orang adalah Rp 10rb. Kalau Otto habis, bisa naik ojek (motor) dengan tarif Rp 20rb. Perjalanan dari pelabuhan sampai kota sekitar 30 menit.
    Di kota teman-teman bisa beristirahat sejenak di hotel. Ada banyak pilihan hotel di kota. Bagi kami para Pengajar Muda Halsel, ada 1 rumah yang kami gunakan sebagai basecamp di Desa Mandaong.


    13. Kota Labuha - Desa Indong, Pulau Mandioli

    Untuk mencapai Desa Indong, hanya bisa menggunakan kapal motor penumpang yang akan berangkat dari pelabuhan lama di kota Labuha. Jadwal keberangkatan hanya ada di hari Senin, Rabu, Kamis, Sabtu pukul 12 siang. Biaya tiket one way adalah Rp 20rb. Perjalanan dari pelabuhan sampai desa sekitar 1,5-2jam.
    Penduduk Desa Indong kurang lebih sebanyak 1.300 jiwa, sekitar 300 KK. Teman2 bisa menginap di rumahku, rumah dinas guru, atau juga di rumah kepala desa atau rumah penduduk lain. Teman2 hanya perlu membayar uang makan dan uang menginap sekadarnya. Akanlebih baik lagi jika teman2 membawa bahan makanan dari kota.







    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top