Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    Wisata Alam Bangka Belitung

    Berbagai Tempat Wisata Alam yang ada di Bangka Belitung yang paling populer dan yang banyak di kunjungi oleh wisatawan kita adalah wisata pantainya. Di Bangka Belitung terdapat banyak tempat wisata, kebanyakan dari tempat wisata ini adalah pantai. Selain pantai juga banyak wisata alam yang dapat ditemui di sana. Banyak touris dari luar pulau atau pun touris manca negara yang berkunjung kesana. 

    Kepulauan Bangka Belitung dulunya merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Provinsi  Bangka Belitung secara umum terdiri atas 2 pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung dengan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Kawasan Bangka Belitung sudah sejak lama dikenal sebagai penghasil timah terbesar di Indonesia. Kata Bangka sendiri berasal dari kata vangka yang berarti timah karena banyaknya timah yang terkandung pada pulau tersebut. Lalu bagaimana dengan potensi tempat wisata di Bangka Belitung?
     
    Banyak yang bingung, Bangka beda yah dengan Belitung ? iya betul, Bangka dan Belitung merupakan pulau yang berbeda hanya saja di jadikan satu provinsi. Jika menyebrang dari Bangka ke Belitung menggunakan kapal feri dibutuhkan waktu sekitar 4 jam, demikian juga sebaliknya. Tempat wisata di Belitung pun tidak jauh berbeda dengan di Bangka, banyak di dominasi oleh pantai pantai yang Indah.

    Ada banyak pantai di Bangka yang menjadi tempat wisata pilihan dengan pemandangan yang sangat elok. Berikut adalah beberapa data pantai yang terkenal di daerah bangka yang wajib anda kunjungi

    1. Pantai Parai Tenggiri

    Pantai Parai Tenggiri merupakan pantai yang paling terkenal di bangka, dikalangan internasional sering disebut Parai Beach Resort, pantai ini memiliki tata kelola yang baik, di sini terdapat hotel, penginapan, restoran, dan kebutuhan lainnya. Banyak wisatawan menghabiskan malam tahun baru di Pantai ini.

    Pantai Parai Tenggiri terletak di daerah Sungai Liat, Bangka. Lokasi pantainya tidak begitu jauh dari Bandara Deputi Amir, kira-kira satu jam dengan kendaraan bermotor. Pantai ini sudah dilengkapi dengan aneka resort bahkan hotel berbintang. Oleh karena itu kawasan ini disebut-sebut sebagai pantai termahal di Bangka. Namun Pantai Parai memang mempunyai pemandangan alam yang menakjubkan. Pasirnya putih dengan laut biru yang menawan. Batu-batu granit raksasa yang tersebar di bibir pantai semakin menambah eksotis pantai ini.

    2. Pantai Pasir Padi

    Pantai pasir padi merupakan salah satu tempat wisata di bangka yang tepatnya berlokasi di Pangkal Pinang, pantai ini di selimuti oleh hamparan pasir yang sangat luas sekali.

    3. Pantai Matras

    Pantai matras memiliki nuansa pantai alami yang sangat tinggi, pantai ini memiliki pasir putih yang sangat menawan dan air laut yang masih sangat alami.

    Dibandingkan dengan pantai-pantai di Bangka, Pantai Matras belum terlalu banyak diekspos bahkan diolah. Pantainya masih bersih dan alami. Pantai yang terletak di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai ini menawarkan keindahan pantai yang dibalut dengan pasir putih dan aneka bebatuan di tepi pantai. Satu hal yang menarik yang membedakan Pantai Matras dengan pantai di sekitarnya adalah adanya danau air tawar kecil di bibir pantai. Danau tersebut airnya sangat jernih dan dangkal sehingga aman untuk berbilas atau sekedar bermain air.

    4. Pantai Batu Bedaun

    Pantai ini memang sangat unik, di beri nama pantai batu bedaun karena memiliki tanaman yang tumbuh di sebuah batu di tengah pantai tersebut. Dari mitos penduduk setempat, pohon yang tumbuh pada batu tersebut memiliki sejarah panjang, ada yang mengatakan bahwa itu adalah sesosok manusia yang dikutuk dan ada lagi pendapat lainnya.

    5. Pantai Tanjung Pesona

    Pantai tanjung pesona merupakan salah satu pantai yang cukup populer sebagai tempat wisata di Bangka Belitung, sama halnya dengan pantai parai, tempat di pantai ini sudah dikelola dengan baik. Berbagai fasilitas telah di sediakan dengan baik.

    6. Pantai Teluk Uber

    Pantai teluk uber merupakan salah satu pantai yang memang belum sangat terkenal di kalangan wisatawan, namun keasrian pantai ini patut untuk di kunjungi.

    7. Pantai Rebo

    Pantai rebo merupakan pantai yang saat ini tidak di kembangkan lagi, pengerukan timah yang dilakukan membuat pantai ini sudah hilang keasriannya. Pantai yang dulunya cukup disegani di Bangka, Sungailiat menjadi kurang menarik di kunjungi, namun keasrian masih tetap terasa di pantai ini. Pantai ini lokasinya tidak jauh berbeda dengan pantai tanjung pesona.

    8. Pantai Lengkuas

    Pantai lengkuas merupakan salah satu pantai berpasir putih dan laut yang sangat jernih. Ada beberapa pulau granit kecil di sekelilingnya yang bisa dicapai dengan berenang atau berjalan melalui kedalaman air laut kurang dari 1,5 meter. Sangat menarik untuk di kunjungi.

    Tempat wisata di Bangka Belitung

    9. Pantai Punai

    Pantai Punai memiliki nuansa alam yang sangat alami karena belum banyak di sentuh tangan manusia. Pantainya juga berpasir putih dan ada sedikit batu granitnya. Di pantai ini juga merupakan pelabuhan nelayan, dimana kita bisa menikmati ikan segar langsung dari nelayan. Perjalanan ke sana ditempuh kurang lebih 1.5 jam dari Tanjung pandan.

    10. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

    Pantai Tanjung Tinggi terletak 30 km dari Kota Tanjung Pandan, Belitung. Pantai ini menjadi sangat terkenal semenjak dijadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi yang fenomenal. Pantai ini dicirikan dengan  batu-batu granit besar yang banyak tersebar di tepi pantai. Selain itu, pasir pantainya yang putih bercampur dengan birunya laut semakin membuat betah pengunjung untuk berlama-lama di pantai. Akomodasi juga sudah tercukupi dengan mulai munculnya resort dan penginapan di kawasan pantai.

    11. Pantai Pasir Padi

    Pantai Pasir Padi berjarak 7 km dari ibukota Provinsi Bangka Belitung Pangkal Pinang. Pantai ini menjadi salah satu favorit tempat wisata di Bangka Belitung karena menawarkan pemandangan alam yang indah serta aksesnya yang dekat dari Pangkal Pinang. Daya tarik utama pantai ini adalah hamparan pasir putihnya yang luas. Di pantai ini pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas belitung yang didominasi sea food serta gebung yaitu semacam ikan dengan daging lembut dan lezat.
    Pantai – pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata di bangka paling favorit dan sangat banyak di kunjungi warga lokal atau pun turis nasional. Keindahan kepulauan yang di kelilingi oleh laut membuat kepulauan bangka menjadi salah satu pulau terindah di Indonesia.

    Bangka Belitung memang sangat tepat bagi anda yang menyukai alam pantai. Pantai-pantai di Bangka Belitung tidak kalah dengan pantai di Bali seperti Pantai Sanur, Kuta, atau Seminyak. Mungkin hanya publikasi yang kurang sehingga tempat-tempat wisata di Bangka Belitung belum banyak dilirik oleh para wisatawan.

    Melihat potensi yang ada, tempat-tempat wisata di Bangka Belitung layak diangkat menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Adanya film berlatar Belitung seperti Laskar Pelangi secara tidak langsung juga membuat wisatawan tertarik untuk mengunjungi pantai yang ada di provinsi tersebut. Anda yang sudah bosan dengan pantai-pantai di Bali atau Lombok mungkin bisa mencoba pantai-pantai yang masih asri dan alami yang tersebar di Kepulauan Bangka Belitung ini.

    Description: Tempat wisata di Bangka Belitung terkenal dengan keindahan pantainya. Wisata di kawasan Bangka Belitung semakin populer seiring melejitnya film Laskar Pelangi yang mengambil setting di Belitung. Beberapa tempat wisata menarik diantaranya : Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Pasir Padi, Pantai Matras, dan Pantai Parai Tenggiri.

    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top