Anda Tahu??
    " Welcome To InfoSadayana Blog 2024 " Semoga kita semua senantiasa diberi kebahagiaan selalu!       ""

    Tanaman Herbal Tradisional Kesehatan Untuk System Imun Tubuh Dari Berbagai Virus (Virus Corona, Virus HIV, Virus TBC, Virus SARS, Virus Mers, Virus Ebola)

    Tanaman Herbal Tradisional Kesehatan

    1. Bidara Upas

    Bidara upas atau Mirremia Mammosa merupakan tanaman herba semusim bertangkai kecil, bulat, licin,cmerambat, dan tumbuh baik di daerah panas. Daunnya tungga, berseling, dan berbentuk bulat panjang dengan tepi rata. Bunganya berwarna putih dan memiliki umbi akar yang di gunakan untuk perkembangbiakan vegetatif

    Kandungan
    Bidara upas mengandung damar, resin, pati, dan zat pahit, serta getah segar yang mengandung zat oksidase.

    Khasiat 
    Tanaman berumbi ini dapat mengobati demam, batuk, serak, difteri, radang tenggorokan, dan radang paru, serta radang usus buntu. Khasiat lainnya adalah menyembuhkan tifus, sembelit, muntah darah, kanker, kencing manis, keracunan gigitan ular, dan kusta, serta sefilis.

    2. Bengkuang

    Nama latinnya adalah Pachirrizus erozus. Bengkuang merupakan tanaman herba semusim bertangkai, berbulu halus, merambat, dan tumbuh baik di daerah panas. Daunnya tunggal berseling, bulat menjari dengan tepi bertoreh. Bunga berbentuk kupu-kupu berwarna ungu, buahnya polong, biji bulat gepeng berwarna cokelat kekuningan. Tanaman yang banyak mengandung air ini memiliki umbi yang berdaging putih dah beracun bagi ikan. Bengkuang terkenal sebagai salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk menjaga kecantikan.

    Kandungan
    Bengkuang merupakan umbi yang kaya akan berbagai zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama vitamindan mineral. Vitamin yang terkandung dalam bengkuang yang paling tinggi adalah vitamin C, sedangkan mineral yang terkandung adalah fosfor, zat besi, kalsium, dan lain-lain.

    Khasiat
    Bengkuang berkhasiat untuk mengobati wasir, demam, diabetes, sariawan, menurunkan kadar kolesterol darah, dan mengurangi produksi asam lambung, serta menjaga sistem kekebalan tubuh.

    3. Bawang Putih

    Kandungan 
    Bawang putih mengandung minyak asiri, allicin, allin, kalsium, dan saltivine. Tidak hanya itu, bawang putih juga mengandung zat gizi yang banyak, seperti belerang, protein, dan lemak, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan vitamin C.

    Khasiat 
    Khasiat bawang putih telah di percaya selama bertahun-tahun. Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati flu, batuk, melegakan pemampatan hidung tersumbat, dan mengeluarkan lemdir. Tanaman yang sangat terkenal sebagai bumbu dapur ini juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker, antiradang, antibakteri, dan dapat mengontrol berat badan, serta mengobati penyakit kulit. Khasiat lainnya adalah menghilangkan jerawat dan menyuburkan rambut.

    4. Bangle

    Kandungan
    Kandungan bangle antara lain damar, pati, tanin, dan minyak asiri berupa sinoel serta pinen.

    Khasiat
    Rimpangnya untuk mengobati demam, sakit kepala, batuk, perut nyeri,sembelit, masuk angin, cacingan, sakit kuning, rematik, kegemukan, dan dapat mengecilkan perut setelah melahirkan. Daunnya untuk menambah nafsu makan dan mengobati perut yang terasa penuh.

    5. Benalu

    Benalu atau Loranthus, yang awalnya dianggap merugikan bagi sebuah tanaman yang di tumpanginya ternyata memiliki khasiat bagi pengobatan. Tanaman ini bersifat parasit dan menempel pada pohon lain. Karena benalu mengambil nutrisi dasar dari inang, maka sebagian kandungan senyawa yang terdapat di dalam benalu menyerupai inang tersebut. Batangnya kecil berkayu, bercabang, berwarna hitam pucat. Daunnya tunggal berseling, bulat panjang, permukaan atas hijau mengilat. Bunganya kecil berwarna hijau kekuningan. Buah berperekat kuat dan dapat menempel pada batang yang tersentuh.

    Kandungan
    Kandungan benalu yaitu querstrin, alkoloida, saponin, flavonoid, dan tanin.

    Khasiat
    Benalu berkhasiat mengobti tumor, kanker, amandel,serta campak.


    6. Labu Air

    Kandungan nya
    Di dalam labu air terdapat beberapa kandungan seperti kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, vitamin C, saponin, dan polifenol.

    Khasiatnya
    Labu air mampu menyembuhkan demam, mengatasi penyakit flu, dan mengobati sariawan. Tanaman dengan kandungan air yang cukup banyak ini juga berkhasiat menyembuhkan penyakit tifus, mengobati penyakit asma, dan membersihkan paru-paru akibat pengaruh nikotin.


    7. Lenglengan

    Kandungan nya
    Daun dan akar lenglengan mengandung saponin, flavonoida tanin, serta minyak asiri.

    Khasiat nya
    Lenglengan berkhasiat untuk obat sukar tidur, mengatasi rasa gelisah, mengobati sakit kepala, influensa, dan batuk, serta batuk rejan. Selain itu, lenglengan juga ampuh mengatasi difteri, jantung berdebar, tidak datang haid, pencernaan terganggu, cacingan, kencing manis, kejang, serta ayan.

    8. Tanaman Lampes

    Kandungan nya
    Zat yang terkandung dalam tanaman lampes adalah minyak asiri, metilkavikol, dan musilago. Daun lampes juga mengandung saponin, flavonoid, dan tanin. Bijinya Mengandung saponin, flavonoid, dan polivenol.

    Khasiatnya
    Lampes membantu mencegah merambatnya kerusakan sel pada darah yang terkena stroke, antioksidan, penurun kadar gula, mengatasi kelebihan lemak, mengobati kurang darah, serta membatu perlindungan liver terhadap gangguan hiperkolesterol.

    No comments:

    Post a Comment

    The Best Category
    COPYRIGHT © Info Sadayana 2012
    Top